Akun Publik Instagram Untuk Mendukung Akun Jualan

Setelah membahas tentang akun bisnis yang merupakan akun instagram yang paling cocok untuk mengembangkan potensi jualan online khususnya melalui instagram, kali ini dradroid akan membahas lebih detail tentang Akun Publik.  Bagi sobat yang belum membaca artikel sebelumnya, sangat di rekomendasikan untuk memulai dari Artikel bagian pertama biar lebih paham.  Sekedar informasi, bahasan kali ini merupakan materi bagian ke 4.  Silahkan sobat bisa menuju ke link di bawah untuk membaca artikel sebelumnya. 

👇😎👇

Belajar Instagram

Sekilas tentang materi sebelumnya, bahwa akun bisnis instagram bisa kita gunakan untuk mendukung sobat dalam mengembangkan jualan secara online. Jenis akun bisnis yang akan kita kembangkan adalah Akun Produk Jualan dan Akun Publik sebagai sumber Trafik.  Walaupun keduanya bisa digabung dalam satu akun tetapi dradroid tetap merekomendasikan kepada sobat untuk membangun akun secara terpisah, agar lebih tertarget, konten juga lebih bersih.  Mengenai cara menggiring trafik dari akun publik ke akun produk, akan kita bahas kemudian.  Namun jika sobat tetap memilih mengembangkan 1 akun bisnis, berisi produk dan sekaligus trafik silahkan saja, pada prakteknya teknik membangun yang akan kita bahas tetap bisa diterapkan, walaupun berdasarkan pengalaman, mengembangkan 1 akun gado-gado menjadi lebih sulit karena kurangnya daya tarik pengunjung pada akun instagram yang jelas terlihat sebagai akun jualan.  Karena Sebagian besar pengguna Instagram pada dasarnya adalah mencari hiburan, inspirasi, motivasi, tips dan trik atau mencari informasi.  Kita manfaatkan hal tersebut untuk membangun trafik yang nantinya akan kita giring ke produk secara tidak langsung.  Selain itu juga keuntungan lain memiliki akun publik yang tertarget sempat dibahas diartikel sebelumnya, yaitu kemungkinan ada akun jualan milik orang memiliki produk yang cocok dengan trafik akun publik sobat, tentunya ini akan aja jadi potensi Paid Promote produk mereka di Akun Publik yang sobat bangun, dengan harapan sama yaitu ada trafik besar ke akun jualan mereka.

Dengan demikian, maka sobat harus menyiapkan 2 email, 2 nomor telpon untuk membuat 2 akun instagram baru, yaitu untuk 

  1. Akun Khusus Produk, berisi katalog produk-produk yang sobat jual
  2. Akun Publik dengan Niche yang sesuai dan relevan dengan Produk yang akan sobat jual
Ingat Niche adalah Tema dari konten yang akan mengisi Akun Publik sobat. Diartikel sebelumnya dradroid menampilkan salah satu Insight Akun Publik Berniche Resep Masakan, detailnya silahkan lihat gambar dibawah ini
Dari insight niche resep masakan tersebut terlihat bahwa audien yang terbentuk adalah 73% wanita, 27% pria, mayoritas Usia 25th - 40th.  Tentunya Niche dengan Audien seperti ini sangat potensial untuk produk-produk wanita diusia tersebut, kebutuhan rumah tangga, makanan dan lain sebagainya.  Masih banyak niche-niche lain yang bisa sobat pilih, dan bisa lebih relevan dengan produk yang akan sobat jual.  Misalnya jika sobat memiliki produk kecantikan, bisa memilih Niche Instagram yang berisi Tips Kecantikan, jika Produk Busana Muslim, maka sobat bisa memilih Niche dakwah,  atau Jika produk herbal, bisa memilih Niche tips-tips Sehat Alami.  Tentunya Pemilihan Niche diawal sangat menentukan apakah Audien tersebut akan relevan atau tidak dengan produk yang sobat jual.  Jangan sampai sudah meluangkan waktu dan tenaga tapi tidak relevan.  

Lebih baik memilih Niche yang lebih umum tapi potensial dari pada memilih Niche yang banyak dilihat tapi kurang potensial.  Contoh Niche Resep Masakan Diatas tentunya sangat potensial, menjangkau kalangan usia yang konsumtif.  Bandingkan dengan Niche yang banyak diminati orang, seperti Video Lucu, Video Tiktokan Gombal Ambyar, memang membangun Audiennya bisa lebih mudah tetapi apakah sesuai dengan target pasar kita? untuk apa banyak audien tetapi usia tidak konsumtif atau tidak relevan dengan produk kita.  Sama saja dengan sobat manawarkan Baju Kerja pada Anak sekolah, atau menawarkan produk kecantikan ke penggemar Bola yang mayoritas Pria. Jadi sekali lagi sobat harus benar-benar memilih target audien yang sesuai dengan produk, Rentang Usia produktif dan Konsuntif

Jika sobat merasa bingung apa yang cocok dengan produk yang sobat jual, maka sobat bisa memilih Niche yang Evergreen, yaitu Berpotensi besar cocok dengan banyak produk.  Karena dradroid tidak tau apa saja produk yang akan sobat jual, Namun dibawah ini adalah contoh beberapa Niche yang bisa dikatakan Evergreen
  1. Niche Resep Makanan (Tutorial dan Resep Masakan/Kue/Minuman)
  2. Niche Tips Kesehatan (Pola Hidup Sehat Alami, Diet sehat, Makanan Sehat)
  3. Niche Dakwah (Quote/Kutipan/Nasehat Islami, Video Dakwah Islami)
  4. Niche Tips Kecantikan
  5. Niche Kutipan Inspirasi (Kata-Kata Bijak)
  6. Niche Tips Bisnis atau Wirausaha
  7. Niche Info Kuliner
  8. Niche Info Travelling
  9. Niche Parenting
Note : Niche tersebut rata-rata menjangkau Audien Usia Produktif 25th-40th, dan berpotensi Konsumtif.
Jika Produk yang sobat jual adalah produk spesifik misal perlengkapan Naik Gunung, maka sobat bisa memilih Niche yang langsung berkaitan yaitu Tips-Tips seputar naik gunung, atau produk olahraga, maka gunakan Niche yang berkaitan dengan olahraga tersebut, tentunya akan lebih TERTARGET. Bagaimana sudah kebayang mau Memilih Niche Apa?


INGAT Tujuan Utama dari Akun Publik yang relevan dengan Akun Produk adalah Sebagai sumber trafik bagi akun produk, jadi pada akhirnya nanti, Akun Publik bisa sobat jadikan sebagai media beriklan atau promosi produk-produk jualan sendiri, tanpa harus bayar jasa iklan.  Bahkan dengan audien / follower akun publik yang tertarget dan relevan dengan produk, seakan-akan sobat punya area yang luas kemudian sobat berhasil menarik minat ribuan orang untuk berkumpul disana secara rutin bahkan rela jadi member, lalu cuma sobat yang berhak membuka Lapak atau memajang produk2 suvenir, makanan, minuman dll.  Jika ada orang lain yang ingin numpang memasarkan produk disana, maka harus membayar sewa ke sobat selaku pemilik tempat. Menarik Bukan? bisa dibilang Project Jangka Panjang dan EverGreen

Sobat tidak perlu merasa bingung dengan materi konten, karena tidak perlu membuat sendiri, cukup mengutif ulang atau bisa memposting ulang yang dinamakan dengan TEKNIK REPOST.  Bagaimana caranya? Nanti kita bahas lebih lanjut ya! Karena ada banyak Akun Publik yang sudah duluan jadi, yang bisa saja jadi sumber konten bagi sobat, tinggal pinter-pinter memilih. Tentunya akan lebih baik jika sobat memiliki waktu untuk membuat sendiri atau memodifikasi dengan versi sobat. Satu hal lagi, yang memudahkan bagi sobat untuk membangun akun publik, sobat tidak perlu tampil didepan kamera memberi tutorial, atau identitas sobat tidak perlu di informasikan. Banyak akun publik di instagram yang sudah besar namun identitas pemiliknya tidak secara langsung dipublish, sobat hanya sebagai aktor yang bekerja dibelakang layar. Dan Tentunya nanti akan kita bahas juga beberapa tool pendukung. 

Hal yang perlu sobat hindari adalah Idealisme.  Untuk memulai saja membutuhkan Waktu dan konsentrasi yang banyak, mempelajari parameter-parameter yang efektif, jadi jangan menerapkan idealisme yang tinggi dari awal, misal konten harus sempurna, konten ingin begini begitu, memilih banyak niche dalam 1 akun, biar banyak penggemar.  Awalnya Masuk Akal dan Manusiawi! tapi ingat banyak orang suka dengan konten bermanfaat tapi tidak suka dengan yang campur aduk, mereka bisa mengkonsumsi konten sobat, tapi tidak loyal dengan sobat.  Ingat! LEBIH SPESIFIK AKAN LEBIH TERTARGET. Lebih mudah mengelola, Tidak banyak buang waktu dengan mencari-cari konten. 
Diawal membangun yang justru lebih penting adalah mempelajari Parameter yang efektif, optimasi dan pahami Algoritma Instagram.  Apalagi jika dari awal sobat ingin Membangun banyak Akun dengan Niche yang berbeda-beda.  Semua Ini akan membuat sobat drop diawal dan keteteran.  Tapi jika sobat sudah mulai membaca pola maka Akun ke 2 dan seterusnya akan lebih mudah di bangun.  Jadi sangat disarankan fokus dengan 1 Akun Publik dan 1 Akun Produk.  Target awal adalah Bagaimana melatih sobat untuk membiasakan Posting secara KONSISTEN, dan FOKUS pada Jangkauan (REACH) Postingan. Dibawah ini adalah contoh Insight dari 1 Postingan Akun Publik.  Walaupun Follower masih ratusan tapi jangkauan atau Reachnya sudah ribuan, bahkan Puluhan Ribu.

  
Jadi target awal membangun Akun Bisnis atau Akun Publik, jangan terlalu fokus pada mengumpulkan follower. Jika Reach sudah menjangkau ribuan akun, konten kita relevan dengan mereka, postingan kita konsisten, maka dengan sendirinya follower akan rela untuk mengikuti kita dan ini yang dinamakan FOLLOWER ORGANIK.

Tidak sedikit Akun-Akun Jualan yang mengharapkan follower meningkat cepat, akhirnya memutuskan untuk membeli follower pada penyedia jasa instan. Akibatnya Follower tersebut tidak memberikan efek yang signifikan karena tidak relevan dengan produk kita, yang ada tidak bertahan lama dan berakhir Unfollow, Belum lagi dengan follower follower pasif.  Tujuan kita dari awal adalah untuk membangun akun yang benar-benar memberikan Efek Signifikan Pada Bisnis Sobat, walaupun tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Ingat Harus memiliki Komitmen untuk jangka panjang.

Setelah memutuskan untuk memilih 1 Niche, hal selanjutnya yang harus sobat siapkan adalah email dan nomor telpon untuk masing-masing akun.  Buat saja baru, biar mudah mengelola kedepannya.  Siapa tau Jika sudah besar, ada yang berminat untuk membeli Akun Publik yang sobat bangun dengan harga fantastis, Bisa -bisa sobat beralih profesi jadi Ternak Akun Publik.

Kemudian Sobat harus registrasi akun baru, dengan nama akun dan nama pengguna yang relevan dengan Niche.  Silahkan sobat survei terlebih dahulu dengan akun-akun yang sudah ada. Jika teman-teman punya akun instagram bisa melakukan pencarian dengan kata kunci yang sesuai misalnya "Resep masakan" maka akan muncul akun-akun yang relevan, tentunya jika sudah ada maka tidak akan bisa sobat gunakan. Setidaknya bisa jadi inspirasi bagi sobat. Misalkan ada Akun Resep masakan dengan nama "resepkue" maka sobat bisa membuat akun dengan nama "resepkuepilihan", Tapi jika sudah ada yang pakai tetap tidak akan bisa digunakan dan cari yang lain.
Sebaiknya Hindari menggunakan tanda "titik . " sebagai pemisah kata atau "underscore _" diakhir kata. Hilangkan idealisme dengan kata-kata tertentu!.  Nama pengguna ini penting agar kita mudah ditemukan atau agar mudah diingat, walaupun sewaktu-waktu bisa dirubah, namun sobat memerlukan 14 hari untuk bisa merubah kembali, dan tentunya ini tidak baik, jika username selalu berubah-ubah. Bagaimana jika ingin menggunakan nama sendiri, itu sah-sah saja selama belum digunakan orang.  Karena dengan berjalannya waktu, algoritma pencarian instagram tidak memprioritaskan berdasarkan nama pengguna melainkan kata kunci yang dipakai apakah relevan dengan akun sobat atau tidak.  Jadi jangan terjebak terlalu lama dengan pemilihan nama akun, gunakan sesimpel mungkin, mudah diingat, hindari penggunaan simbol atau angka. 

Tips lain sobat bisa mengumpulkan nama pengguna yang sudah ada, kemudian gabungkan beberapa nama menjadi nama baru, misal "resepmasakan" "resepibu" "menumasak" bisa digabung menjadi "menumasakanibu".  Atau sobat bisa mencari gabungan dari Hastagh-Hastagh populer sesuai Niche yang dipilih kemudian gabungkan atau jadikan inspirasi.  Sekali lagi jangan terjebak terlalu lama di pemilihan nama akun,  karena nama akun bukanlah penentu utama keberhasilan Akun Publik.    

Sampai disini semoga sedikit menambah wawasan sobat tentang akun publik, jadi bagi yang ingin mulai dari awal silahkan sobat menentukan Niche yang relevan dengan produk yang akan dijual, tentukan nama akun, kemudian buatlah akun baru.  Paling mudah membuat akun instagram dari Aplikasi via android dan verifikasi menggunakan no HP, setelah terdaftar baru tambahkan email (bisa dilakukan belakangan).  Bagi yang tidak tahu caranya sementara cari tutorial di Youtube Bagaimana Membuat akun Instagram via Android, Kemudian Cari Cara Merubah Akun Instagram Personal Menjadi Akun Profesional Bisnis. Gak terlalu sulit karena banyak Tutorial yang sudah ada di Youtube.

Artikel Selanjutnya dradroid akan Mulai membahas 
👇😎👇

Optimasi Penting Pada Akun Publik atau Akun Bisnis Instagram

dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram BekerjaApa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua.  Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri.  Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.

Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 
👇😎👇

Semoga bermanfaat
Salam

  



 

Tidak ada komentar: