
Ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya, yang merupakan Materi Pendahuluan untuk membuka wawasan, sebelum mulai membangun Akun Instagram untuk Bisnis Jualan Online. Jadi bagi sobat yang belum membaca artikel sebelumnya, sangat direkomendasikan untuk membaca Artikel berikut :
👇 Silahkan klik DirectLink dibawah ini 👇
Membangun Akun Instagram Untuk Bisnis Jualan Online Shop
Sedikit review dari artikel sebelumnya yaitu pahami bahwa tidak ada cara yang benar-benar instan dalam membangun akun instagram untuk bisnis, namun ada teknik-teknik efektif yang perlu diketahui agar menjadi optimal. Perlunya sobat memahami potensi Instagram yang sangat bagus untuk mendukung bisnis, akan menjadi motivasi kuat untuk memutuskan mulai belajar membangun Instagram.
Lalu apa sih teknik-teknik yang perlu diketahui itu? OK, kali ini dradroid akan membahasnya namun sebatas wawasan pendahuluan, detailnya akan dijelaskan pada Artikel Khusus agar lebih jelas dan mendalam. Ingat kita akan melakukan pembelajaran secara bertahap Mulai dari Nol kaya pertamina, sehingga pembelajaran ini dapat dikonsumsi oleh sobat yang masih pemula sekalipun.
Dari artikel sebelumnya sobat sudah dapat gambaran bahwa Target awal membangun akun bisnis adalah Bagaimana cara agar postingan kita menjangkau banyak akun instagram, katakanlah dari 1 postingan mampu menjangkau ribuan orang diluar sana, walaupun follower kita masih sedikit. Jadi didalam Instagram ada yang namanya Jangkauan Posting (Reach). Bagaimana caranya? tentunya ada parameter-parameter dan Algoritma instagram yang harus kita pelajari dan kuasai. Jadi sobat harus paham bagaimana Instagram bekerja, sehingga postingan kita mampu dilihat orang banyak sekalipun bukan follower kita. Instagram itu diumpamakan robot yang sudah diprogram agar mampu mendistribusikan jutaan postingan tiap hari dari berbagai akun ke akun yang lain.
Jika kita pahami cara kerja Robot tersebut maka kita akan mudah menerapkan teknik-teknik yang akan kita pelajari agar instagram bekerja seperti yang kita inginkan. Wah ribet ya? Tenang tidak serumit yang dibayangkan. Ikuti saja dulu.
Bagi sobat yang sudah punya akun instagram pernahkah menyadari kenapa dihalaman home akun kita, muncul postingan-postingan dari akun yang tidak pernah kita kenal atau bukan follower kita? hal ini sebagian disebabkan dari aktivitas kita sendiri. Misal sobat pernah memfollow seseorang, maka Instagram akan merekomendasikan akun yang serupa dilain waktu untuk kita follow. Jika sobat pernah menyukai 1 postingan, maka instagram akan menampilkan beberapa postingan serupa dihalaman home akun sobat, jadi jangan heran jika pernah menyukai postingan tentang tutorial kecantikan, maka akan ada beberapa postingan serupa dari akun lain yang belum pernah kita follow tapi muncul di home kita.
Lalu dari gambaran diatas apa poin yang bisa kita ambil? Ingat Instagram memiliki algoritma yang bekerja otomatis ketika kita posting sesuatu, salah satu hal yang bisa sobat pahami adalah RELEVANSI, jadi Instagram akan menganalisa hal-hal yang dianggap relevan dengan akun dan merekomendasikannya atau menampilkannya. Artinya Relevansi ini akan menjadi teknik promosi gratisan, bayangkan jika postingan kita dianggap relevan dengan banyak akun diluar sana, maka dengan cara yang sama, instagram akan menampilkan postingan kita di banyak akun orang, sekalipun bukan follower kita. Wow Menarik bukan?
Kembali ke Jangkauan Postingan (Reach), Parameter apa saja yang menyumbang terhadap jauh tidaknya postingan kita menjangkau akun orang? perhatikan gambar Insight Postingan Instagram dibawah ini

Insight sendiri merupakan data analisis Instagram yang menampilkan statistik dari setiap akun Instagram, bahkan setiap postingan. (Note : Bagaimana cara menampilkan dan Informasi detail terkait insight akan kita bahas nanti ya, setidaknya sobat tahu ada istilah baru yaitu insight)
Dari gambar diatas perhatikan bagian Jangkauan (Reach) dan Impresi (Impressions). Jadi 1 Postingan diatas mampu menjangkau (Reach) 24.793 Akun (99% Bukan follower), Sedangkan impresi adalah total postingan tersebut berapa kali dilihat orang, dengan kata lain dari jumlah akun yang dijangkau, bisa saja beberapa akun melihat postingan kita lebih dari sekali, jadi dipastkan Impresi lebih besar dari jangkauan, semakin besar impresi bisa jadi indikasi postingan kita menarik, bermanfaat, atau bikin penasaran sehingga rela melihat berulang-ulang.
Apa yang membuat Jangkauan dan Impresi menjadi besar? Dari gambar yang sama bisa kita lihat bahwa yang menyumbang hal itu adalah Tagar (hashtag), Beranda (profile), Jelajah (Explore), dan lainnya (Other). Bagi yang belum paham, saya akan ulas sedikit bagian tersebut, sekali lagi info detail akan dibahas pada bagian tersendiri termasuk bagaimana cara optimasi parameter tersebut.
- Tagar (hashtag) diwakili oleh tanda "#" Misal #dirumahaja, biasa digunakan di sosmed sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan kategori tertentu yang memiliki relevansi yang serupa, analoginya adalah semacam folder di komputer, namun tagar sifatnya general, siapa saja bisa menggunakan asal memiliki nama yang sama, tujuannya agar sebuah konten yang setipe/relevan dapat ditemukan dengan mudah. Pada kenyataannya karena ketidaktahuan, ikut-ikutan biar keren atau memang sengaja, terkadang Tagar berisi konten-konten yang tidak relevan, sehingga banyak di temukan Tagar dengan nama tips kecantikan berisi konten tips masakan.
- Beranda (Profile) biasanya trafik pengunjung konten berasal dari follower sendiri
- Jelajah (Explore), Bagian halaman depan / Home akun instagram yang menampilkan banyak konten baru, Jika postingan kita berhasil ditemukan oleh Akun orang via Explore, ini pertanda Baik karena postingan kita masuk kedalam kriteria Instagram sebagai konten yang relevan dan layak direkomendasikan ke akun lain.
- Lainnya (Other) biasanya sumber jangkauan berasal dari orang yang melihat postingan kita kemudian karena konten kita dianggap bermanfaat dia merekomendasikan ke temannya dengan cara mention atau tag temannya tersebut, atau karena kita pernah memberi like/komentar ke postingan orang, kemudian orang tersebut kepo dengan akun kita, lalu melihat postingan-postingan kita.
Dari pembahasan kali ini, dradroid berharap bahwa wawasan sobat mulai terbuka, ternyata ada hal-hal yang harus dipahami dan bisa dioptimasi agar sebuah postingan bisa menjangkau ribuan akun sekalipun belum menjadi follower kita. Bukan hanya sekedar, posting-posting gambar atau video ke Instagram.
Sampai disini sobat mulai mengenal istilah Algoritma Instagram, peran Relevansi sebuah konten, apa itu Reach (jangkauan), Impressi, ada parameter Hashtag, Explore, Profile, dan lainnya.

Kok belum mulai udah bahas kemana-mana? Cara Buat akun saja belum bisa. Tenang, Tentunya akan kita mulai dari nol, ini sekedar kulitnya dulu karena Artikel ini merupakan artikel pendahuluan sebelum sobat mulai belajar membangun Akun Instagram untuk Bisnis. Sehingga dengan adanya wawasan ini, maka sobat mulai memahami bahwa ada banyak parameter yang bisa dioptimalkan dalam membangun akun bisnis.
Tujuannya sejak dari awal sobat harus sudah memiliki komitmen yang tinggi untuk belajar dan tidak terburu-buru. Mulai Sekarang pemikiran mencari cara instan harus ditinggalkan.
Jangan Buang-buang waktu untuk mencari cara singkat, lebih baik Mulai Sediakan waktu untuk belajar dengan cara yang benar! Setuju?
Kita lanjutkan di Artikel berikutnya dengan mengenal Akun apa saja sih yang ada di Instagram yang cocok untuk digunakan untuk Bisnis? Sampai ketemu di Artikel Berikutnya
👇😎👇
Jenis Akun Instagram yang cocok untuk Bisnis jualan Online
dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram Bekerja, Apa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua. Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri. Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.
Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 👇😎👇
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar: