Fungsi dan Peran Hashtag Dalam Akun Instagram

 

Hai sobat, just info ajah! ini merupakan artikel ke #7 dari Seri Belajar Tentang Membangun Akun Instagram khususnya akun publik untuk mendukung bisnis atau jualan online.  Jadi bagi sobat yang belum tau artikel sebelumnya, bisa di akses dengan klik DirectLink dibawah ini :

👇😎👇  
Belajar Instagram

dradroid sangat merekomendasikan untuk membaca dari awal, terutama bagi sobat yang bukan hanya sekedar mencari informasi tentang Hastagh, tapi juga ingin belajar membangun akun bisnis instagram dari nol, akun publik instagram, dan akun jualan di instagram.  Dimana di artikel sebelumnya membahas tentang wawasan pendahuluan yang harus diketahui oleh sobat sekalian, jika ingin benar-benar membangun akun bisnis dengan cara yang benar, tertarget dan efektif.  Perlu pemahaman pola pikir atau mindset yang terbentuk dengan komitmen yang tinggi, serta konsistensi.  Karena kebanyakan pemula cenderung memikirkan hasil akhir, jumlah follower, dan cara-cara instan. Harapan dradroid dengan adanya artikel-artikel ini maka sobat bisa memiliki wawasan untuk membangun Akun Instagram dengan Cara Organik   

Kembali ke Bahasan kita kali ini yaitu Peran Hashtagh dalam Postingan Akun Instagram.  Mungkin sobat sudah tau apa itu Hashtag atau tagar. Namun tidak sedikit yang masih belum memahami peran Hashtag sebenarnya khususnya dalam instagram, dan bagaimana cara mengoptimalkannya.  Jadi Apa sebenarnya Hashtag?

Hashtag atau Tagar Atau Tanda Pagar dengan Simbol # dan diikuti dengan kata tanpa spasi, merupakan tanda yang digunakan di sosial media berfungsi untuk mengelompokan sesuatu berdasarkan kata yang mengikutinya. misal #makanan, artinya mengelompokan segala sesuatu yang berkaitan dengan kategori makanan.  Sederhananya ini mirip dengan Folder di komputer yang mengumpulkan file pada tempat yang sama.  Tujuan awalnya adalah agar mudah melakukan pencarian tentang sesuatu yang memiliki kategori serupa dan relevan.  Hashtag ini bekerja secara otomatis memasukan apa saja yang kita buat dengan mencantumkan Hashtag tersebut.  Jadi ketika kita posting Gambar atau Video apa saja dengan menggunakan #makanan maka otomatis postingan tersebut akan dimasukan ke grup Makanan. Tentunya Bisa diakses atau digunakan oleh siapa saja yang mencantumkan Hashtag tersebut, jadi bisa dibilang Area Publik.

Dari informasi ini jelas sekali bahwa sebaiknya kita tidak menggunakan tagar secara asal-asalan, karena lagi tren, lagi viral, atau ikut-ikutan sekedar keren-kerenan.  Karena jika kita menggunakan tagar tetapi tidak relevan dengan yang kita posting, tentunya akan menjadi Spam bagi tagar tersebut.  Hal ini masih sering terjadi, dimana ada # tentang kecantikan, Berisi Postingan Gambar/Video tentang masakan.  Entah karena tidak tahu, atau sengaja.

Lalu seberapa besar Peran Hashtag ini terhadap postingan? oke, sebelum menjelaskan lebih lanjut, dradroid akan menampilkan kembali Gambar Insight Postingan yang menunjukan Jangkauan sebuah Postingan, seperti dibawah ini:


dari gambar tersebut bahwa 1 postingan instagram mampu menjangkau 24783 Akun Orang di Instagram walaupun follower akun masih Ratusan.  Dari data statistik insight tersebut bahwa kontribusi jangkauan didominasi oleh peran dari tagar atau hashtag yaitu sebesar 15321 (sekitar 60 %) sisanya dari explore, profil dan lainnya, Kecilnya profil menunjukan follower akun yang masih minim.  Dari data ini terlihat bahwa peran hashtag menjadi sangat Signifikan Terutama bagi Akun yang masih baru atau belum memiliki follower besar. 

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika sobat tidak memahami bagaimana cara mengoptimalkan peran hashtag terhadap performa postingan agar menjangkau banyak orang sekalipun bukan follower kita.  Peran ini pun tentunya bisa jadi sangat bermanfaat ketika kita ingin mempromosikan postingan produk, semakin banyak akun yang dijangkau, semakin berpotensi produk kita dilihat orang banyak, tentunya akan menambah peluang orang membeli produk kita.

Postingan tanpa hashtag tentunya hanya mampu menjangkau follower kita, itupun klo follower kita sedang aktif dan melihat, lalu berpotensi disebarkan oleh follower jika memang postingan kita bermanfaat atau relevan, semakin tinggi action, semakin tinggi peluang di promokan ke explore/jelajah oleh instagram. tapi lain cerita jika follower kita masih sedikit, maka peran peran tersebut tidak akan optimal.  Dari hal ini berarti sangat jelas sekali, bahwa di fase-fase awal membangun akun instagram  pengetahuan tentang optimasi hashtag sangat krusial dan efeknya sangat signifikan.  

Kok bisa sih, dengan menggunakan Hashtag yang tepat, mampu menjangkau banyak orang sekalipun follower kita masih sedikit.  Begini cara kerjanya!! Sobat tahu berapa maksimal hashtag boleh digunakan dalam 1 postingan instagram?? ada 30 hashtag yang diperbolehkan dalam sekali postingan, Wow Banyak kan? Nyesel gak pake Hashtag banyak-banyak, Eits tunggu dulu! INGAT jangan sembarangan pakai Hashtag ya! Kenapa? oke dradroid akan mundur sedikit, dan mengilustrasikan Hashtag sebagai Tempat Umum atau Area Publik.

Bayangkan, Ketika sobat punya produk lalu disimpan di etalase warung, dan lokasinya didalam rumah (banyak kan warung didalam rumah?) siapa yang akan belanja? ya paling tetangga kita, itu pun yang dekat rumah, dan tau kita jualan.  Klo gak tau, ya gak akan belanja. kemudian kalo produk nya sembako atau pulsa, minimal yang belanja ada yang rutin atau cuma sesekali tergantung kebutuhan harian. Coba kalo kita jualan Baju, sepatu, buku, kosmetik, Apakah tiap hari mereka akan rutin belanja? nah Tetangga ini di analogikan sebagai wakil dari Follower di Instagram, Terbatas pada yang kenal dengan kita, dan tau atau tidaknya kita jualan.

Bandingkan dengan sobat punya produk, lalu sobat pajang di berbagai Tempat Umum yang banyak orang disana (Mewakili Hashtag), misal di 10 Pasar, 5 Mall, 5 kampus, 5 Tempat Objek wisata, di 5 Kota (30 hashtag diwakili 30 tempat umum), sangat besar potensinya produk sobat dilihat banyak orang disana, kalo ada 200 orang saja disetiap tempat, maka akan ada 6000 orang yang berpotensi melihat produk kita.  Ini yang dimaksud dengan jangkauan Posting dari hashtag. Dari sekian banyak orang tersebut, pastinya sebagian besar adalah orang yang tidak kita kenal. Namun Potensi orang untuk tertarik dengan produk kita tentunya menjadi lebih besar.  Betul tidak? 

Lalu apakah relevansi itu penting? Tentu saja!! percuma menjangkau banyak orang tapi tidak relevan. Bayangkan jika sobat jual produk daster dan jilbab, kemudian sobat pajang di halaman parkir stadion bola, yang mayoritas pengunjung pria? bandingkan dengan sobat jualan jersey dan sepatu bola.  Kira-kira paham efek relevansi? dan perlu diketahui ada Efek Negatif Jika Tidak Relevan, selain sobat hanya buang-buang waktu saja posting, lalu sobat akan dianggap spam oleh instagram atau akun lain di hashtag tersebut, hal ini memungkinkan sobat akan kehilangan impresi dari hashtag terkait.  Ingat bahwa instagram memiliki Algoritma Sendiri. dan akun lain bisa memberikan feedback bahwa kita tidak relevan dengan hashtag lalu dilaporkan. Jadi Hati-Hati! jangan sembarangan menggunakan hashtag asal-asalan.  jika posting makanan, gunakan hashtag yang relevan dengan makanan, jika SkinCare gunakan Hashtag yang relevan dengan Kecantikan dan sejenisnya.

Sampai disini semoga sobat bisa paham akan peran dari sebuah hashtag pada postingan akun instagram, khususnya bagi akun yang masih sedikit follower. Perlu diingat sekali lagi, bahwa relevansi itu penting karena selain bisa menimbulkan Efek yang positif, jika salah menggunakan justru sebaliknya akan memberikan Efek dan Impresi yang negatif!! Kemudian Muncullah Istilah Shadow Banned, Apalagi Nih??

Pada artikel selanjutnya dradroid akan lebih detail membahas tentang Cara Riset, Optimasi dan Bagaimana Cara penggunaan Hashtag yang efektif. Sampai ketemu di artikel berikutnya.

dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram BekerjaApa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua.  Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri.  Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.

Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 
👇😎👇

Semoga Bermanfaat
Salam

dradroid

 


 


    



Tidak ada komentar: