Setelah membahas beberapa info penting terkait membangun akun instagram untuk keperluan bisnis jualan online, kali ini dradroid akan membahas jenis akun yang cocok untuk jualan online. Artikel ini merupakan Part ke 3 dalam belajar membangun instagram untuk bisnis. Bagi sobat yang belum membaca Artikel sebelumnya disarankan untuk membaca biar afdol, atau bisa kunjungi halaman dibawah ini
👇😎👇
Belajar Instagram
Mungkin diantara sobat ada yang belum tahu kalau instagram memiliki beberapa tipe akun yang bisa dipilih. Ada 3 pilihan akun yang bisa kita pilih dari 2 kategori akun instagram, yaitu
- Akun Personal
- Akun Profesional, terbagi menjadi 2 yaitu Akun Bisnis dan Akun Kreator
Ketika pertama kali mendaftar akun instagram, secara default pengguna akan otomatis memiliki akun personal, jika ingin menggunakan Akun Bisnis atau Kreator, pengguna bisa merubah tipe akun setelah memiliki akun instagram personal melalui menu pengaturan (Setting). Perbedaan mendasar dari akun personal dan profesional adalah fitur atau fasilitas yang ditawarkan. Tipe personal lebih cocok untuk keperluan pribadi, sekedar media untuk berbagi sesama teman atau keluarga dan sifatnya privasi atau terbatas. Tentunya akun personal tidak cocok digunakan untuk keperluan bisnis atau jualan. Namun tidak sedikit pengguna instagram yang masih menggunakan akun personal untuk keperluan jualan, tentunya tidak akan optimal.
Sedangkan Akun Profesional menawarkan fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan akun personal, walaupun aplikasi yang diinstal sama saja dengan akun personal atau secara tampilan depan tidak terlalu terlihat perbedaannya. Yang menjadi alasan utama bagi pengguna harus memilih Akun profesional adalah FITUR INSIGHT pada artikel sebelumnya sudah kita ulas sedikit tentang fitur Insight di Instagram. Dengan fitur ini, pengguna akun bisa melihat data statistik pertumbuhan akun instagram dari waktu ke waktu, berapa orang yang dijangkau oleh postingan kita, statistik data follower kita mulai dari jenis kelamin, usia, asal daerah, data Kapan waktu follower aktif, potingan seperti apa yang banyak peminatnya, dan masih banyak lagi. Tentunya data-data tersebut sangat penting bagi sobat yang bertujuan untuk berjualan via instagram, dan tidak akan ditemukan jika sobat memilih akun Personal. Khabar baiknya adalah Bahwa semua Akun tersebut dapat digunakan secara GRATIS.
Terus Akun profesional yang cocok untuk jualan itu akun Bisnis atau Kreator? dradroid sangat menyarankan untuk menggunakan AKUN BISNIS, walaupun akun kreator sama sama memiliki Fitur Insight, dan masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan, namun sesuai namanya Akun Bisnis lebih cocok untuk sobat.
Sekedar wawasan, akun kreator lebih cocok untuk Influencer, Brand, Artis, Selebgram. Hal penting lainnya pada akun bisnis, sobat bisa menampilkan tombol kontak langsung dibagian depan Instagram yang memudahkan pengunjung untuk menghubungi kita, atau ingin mempromosikan produk kita dengan menggunakan Instagram Ads. Jika masih penasaran silahkan Googling perbedaan dari Ketiga akun Instagram. Karena tujuan kita belajar membangun Akun instagram untuk keperluan bisnis, maka Akun Bisnis yang paling cocok.
Cara membuat akun instagram pertama kali, dan Cara merubah Akun personal ke akun bisnis, untuk sementara dradroid skip dulu, jika ada kesempatan nanti akan di update tutorialnya, sementara sobat bisa melihat dari artikel lain atau youtube. Namun sebelum membuat akun baru, sebaiknya lanjutkan dulu bacanya ya.
Ada hal lain yang menurut dradroid lebih penting untuk dibahas Sebelum sobat membuat akun bisnis, yaitu peran dari akun bisnis yang akan sobat bangun. Mau dibawa kemana akun bisnis yang akan kita bangun? Kenapa muncul pertanyaan seperti itu?
Akun bisnis yang memiliki fitur insight bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Tapi kan sudah jelas dari awal kita akan membangun akun untuk bisnis, yup benar sekali. Tidak salah Jika sobat menganggap bahwa Akun Bisnis Orientasinya adalah Upload produk jualan, jadi isinya semua tentang produk. Namun pernahkan sobat melihat Akun yang berisi tentang seputar berita, informasi, tutorial, tips kecantikan, tips masak, tips komputer, kesehatan, inspirasi, dakwah, video lucu dan banyak lainnya. Semua akun tersebut rata-rata menggunakan akun bisnis. Tujuannya apa?tujuannya adalah untuk mengumpulkan masa atau trafik pengguna instagram yang memiliki ketertarikan pada tema konten tersebut. Lalu apa hubungannya dengan bisnis atau jualan? sangat relevan, ketika akun tersebut punya jumlah penggemar yang banyak dan memiliki ketertarikan yang sama maka akun tersebut bisa digunakan untuk menggiring trafik membeli produk yang kita jual. Akun bisnis yang bisa menggiring trafik disebut sebagai AKUN PUBLIK. Peran fitur insight disini sangat signifikan, karena kita dapat melihat data follower yang dominan mulai dari usia, jeniskelamin, kota asal dll, sehingga jika digiring ke akun jualan yang relevan dengan mereka tentunya akan sangat menguntungkan.
Contohnya Peminat Akun publik yang memiliki konten tentang Tips kecantikan akan sangat relevan dengan produk makeup, baju, tas sepatu dll, dengan analogi yang sama maka akun publik dengan konten dakwah relevan dengan produk Hijab, Gamis, Baju Koko, Busana Muslim Anak, dll.
Sebelum membahas lebih jauh, kini sobat mengetahui bahwa ada 2 kategori akun yang biasa memanfaatkan Akun Bisnis yaitu
- Akun Jualan : Kontennya mayoritas berisi gambar atau video produk-produk yang dijual
- Akun Publik : Kontennya berisi media informasi, tutorial, tips, hiburan, dan hal menarik serta bermanfaat lainnya yang mampu menarik minat pemirsa dengan cepat.
Sebagai informasi tambahan tema-tema konten dalam akun publik biasa disebut sebagai NICHE. Beberapa Niche yang evergreen dan cocok ke banyak produk jualan, misalnya Niche Resep Masakan, Resep Kue, Niche Tips Mendidik anak (Parenting), Niche Dakwah, Niche Tips Hidup Sehat. Kenapa dikatakan cocok ke banyak produk? Coba scroll lagi keatas, amati contoh data Insight tadi. Disana bisa kita liat bahwa follower akun tersebut Mayoritas 72% adalah wanita, Usia dominan berada di Rentang 25th - 40th, Kira-kira menurut sobat Produk apa saja yang bisa ditawarkan ke Audien tersebut? sekedar info, data Insight diatas adalah Data Akun Publik Niche Resep Masakan. Sudah mulai Paham kan?

Jadi apa yang cocok untuk mendudung bisnis sobat? keduanya cocok, dan sangat di rekomendasikan dibangun bersamaan. Sobat pasti sering mendengar endorse produk? ya jasa promosi via akun Influencer/Artis/Celebgram. Walau efektif tapi sobat mesti menyediakan dana promosi atau iklan agar produk sobat di endorse oleh akun influencer/artis/celebgram, tentunya mereka punya fans/follower yang banyak, dan ini memberikan potensi trafik yang besar ke akun jualan sobat, BUT NOT FREE
Masalahnya baru mulai belajar jualan online, jadi klo pun ada budget promosi, ya masih minim. Nah, solusinya adalah Memanfaatkan Akun Publik dengan Istilah PAID PROMOTE (silahkan cek di IG akun-akun yang di Bionya ada kata kata Terima jasa Paid Promote /PP. Promosi di akun publik biasanya lebih hemat, dan tak kalah efektif dengan Endorse artis, akun publik pun memiliki audien/pemirsa/follower yang banyak, hanya saja karena akun publik biasanya tidak menampilkan pemiliknya, jadi harus pintar-pintar memilih audien target yang cocok dengan produk jualan kita, misal cari akun publik yang niche dakwah atau mayoritas wanita seperti niche resep makanan untuk mempromosikan produk Busana wanita.
Jadi model promosinya adalah numpang posting di akun publik, dengan harapan dilihat banyak orang dan tertarget, dan trafik calon pembeli bisa mengalir ke akun kita. Tapi tetap harus ada budget. Gimana Biar bisa promosi gratisan?? Ya kita bangun Akun publik sendiri, Selain bisa kita tentukan dari awal apa niche yang cocok dengan produk kita, Kita jadi bisa beriklan produk kita sendiri gratis, Bahkan jika ada orang yang punya produk cocok dengan audien kita, bisa bisa mereka tertarik memakai akun kita untuk Numpang Promosi Tentunya berbayar. Menarik bukan punya akun publik, bisa iklan gratisan, bahkan bisa terima jasa iklan.
Wah repot bikin akun publik misal dengan niche masakan, soalnya gak bisa masak atau gak biasa bikin tutorial. Tenang, sobat tidak perlu susah-susah bikin konten, Cukup REPOST Konten Orang tentunya dengan Etika ya. Bagaimana Tekniknya? nanti kita bahas... Pokoknya banyak deh yang bakal di kupas disini.
Kenapa gak sekalian saja, 1 akun bisnis isinya Akun Jualan produk semi akun publik, Jadi misal Jualan Makeup skincare + diisi Tips-Tips Makeup dan kecantikan. NICE IDEA! Kayak martabak Bangka donk Setengah coklat setengah keju, favorit dradroid banget.
Inilah dilemanya, Coba posisikan sobat sebagai pengguna instagram biasa. ada banyak sekali pengguna yang buka instagram hanya untuk mencari tips, tutorial, hiburan, atau inspirasi, ketika menemukan sesuatu yang dicari dan menarik, pasti sobat akan kepo liat postingan2 yang lainnya, ketika masuk eh sobat malah liat produk jualan banyak banget, kira-kira ilfil gak? yang tadinya mau follow, gak jadi deh gara-gara iklan. Berbeda dengan User yang dari awal buka aplikasi instagram untuk cari produk, Tapi ingat Audien yang paling banyak adalah audien yang mencari hal-hal bermanfaat seperti hiburan, tips, tutorial dan inspirasi. Hal inilah yang kadang tidak terbaca oleh pemilik olshop, merasa sudah posting banyak produk, tapi minim pengunjung bahkan pembeli. Terbukti inilah Perlunya pemahaman tentang Target Pengunjung dan calon pembeli, Pelajari karakter dan kebiasaan mereka yang memiliki potensi bagi sobat, gunakan strategi. Jangan sekedar jualan aja. Percuma Jualan Jilbab klo target yang melihat kita justru buka instagram untuk cari info bola atau hobi Bola yang Mayoritas Cowok, Tapi lain cerita klo produk kita sepatu Bola atau Jersey Bola. Naah, itu yang namanya TERTARGET!
Dari sini dradroid mempersilahkan untuk memilih strategi dari awal, apakah akan membangun akun bisnis isi gado-gado, atau minimal membangun 2 akun bisnis (1 akun jualan isi produk + 1 Akun Publik Niche yang relevan dengan Produk). Model yang kedua ini tetap punya akun produk, dan membangun akun dengan target komunitas besar via akun publik, lalu sobat giring ke akun produk, seolah-olah nanti produk sobat hanya dipromosikan di akun publik, padahal keduanya punya sobat sendiri. Malah jika sudah paham teknik membangun, sobat bisa membangun akun publik ke 2 ke 3 dst, digiring ke 1 akun produk. Hayo mau pilih yang mana? SUDAH SIAP MEMBANGUN 2 AKUN PUBLIK??
Untuk sementara cukup sekian bahasannya, biar gak kunang-kunang. Artikel berikutnya kita akan bahas lebih dalam tentang Akun Publik. Jangan lupa Bookmark dulu ya blog dradroid
👇😎👇
Semoga Bermanfaat