Akun Publik Instagram Untuk Mendukung Akun Jualan

Setelah membahas tentang akun bisnis yang merupakan akun instagram yang paling cocok untuk mengembangkan potensi jualan online khususnya melalui instagram, kali ini dradroid akan membahas lebih detail tentang Akun Publik.  Bagi sobat yang belum membaca artikel sebelumnya, sangat di rekomendasikan untuk memulai dari Artikel bagian pertama biar lebih paham.  Sekedar informasi, bahasan kali ini merupakan materi bagian ke 4.  Silahkan sobat bisa menuju ke link di bawah untuk membaca artikel sebelumnya. 

👇😎👇

Belajar Instagram

Sekilas tentang materi sebelumnya, bahwa akun bisnis instagram bisa kita gunakan untuk mendukung sobat dalam mengembangkan jualan secara online. Jenis akun bisnis yang akan kita kembangkan adalah Akun Produk Jualan dan Akun Publik sebagai sumber Trafik.  Walaupun keduanya bisa digabung dalam satu akun tetapi dradroid tetap merekomendasikan kepada sobat untuk membangun akun secara terpisah, agar lebih tertarget, konten juga lebih bersih.  Mengenai cara menggiring trafik dari akun publik ke akun produk, akan kita bahas kemudian.  Namun jika sobat tetap memilih mengembangkan 1 akun bisnis, berisi produk dan sekaligus trafik silahkan saja, pada prakteknya teknik membangun yang akan kita bahas tetap bisa diterapkan, walaupun berdasarkan pengalaman, mengembangkan 1 akun gado-gado menjadi lebih sulit karena kurangnya daya tarik pengunjung pada akun instagram yang jelas terlihat sebagai akun jualan.  Karena Sebagian besar pengguna Instagram pada dasarnya adalah mencari hiburan, inspirasi, motivasi, tips dan trik atau mencari informasi.  Kita manfaatkan hal tersebut untuk membangun trafik yang nantinya akan kita giring ke produk secara tidak langsung.  Selain itu juga keuntungan lain memiliki akun publik yang tertarget sempat dibahas diartikel sebelumnya, yaitu kemungkinan ada akun jualan milik orang memiliki produk yang cocok dengan trafik akun publik sobat, tentunya ini akan aja jadi potensi Paid Promote produk mereka di Akun Publik yang sobat bangun, dengan harapan sama yaitu ada trafik besar ke akun jualan mereka.

Dengan demikian, maka sobat harus menyiapkan 2 email, 2 nomor telpon untuk membuat 2 akun instagram baru, yaitu untuk 

  1. Akun Khusus Produk, berisi katalog produk-produk yang sobat jual
  2. Akun Publik dengan Niche yang sesuai dan relevan dengan Produk yang akan sobat jual
Ingat Niche adalah Tema dari konten yang akan mengisi Akun Publik sobat. Diartikel sebelumnya dradroid menampilkan salah satu Insight Akun Publik Berniche Resep Masakan, detailnya silahkan lihat gambar dibawah ini
Dari insight niche resep masakan tersebut terlihat bahwa audien yang terbentuk adalah 73% wanita, 27% pria, mayoritas Usia 25th - 40th.  Tentunya Niche dengan Audien seperti ini sangat potensial untuk produk-produk wanita diusia tersebut, kebutuhan rumah tangga, makanan dan lain sebagainya.  Masih banyak niche-niche lain yang bisa sobat pilih, dan bisa lebih relevan dengan produk yang akan sobat jual.  Misalnya jika sobat memiliki produk kecantikan, bisa memilih Niche Instagram yang berisi Tips Kecantikan, jika Produk Busana Muslim, maka sobat bisa memilih Niche dakwah,  atau Jika produk herbal, bisa memilih Niche tips-tips Sehat Alami.  Tentunya Pemilihan Niche diawal sangat menentukan apakah Audien tersebut akan relevan atau tidak dengan produk yang sobat jual.  Jangan sampai sudah meluangkan waktu dan tenaga tapi tidak relevan.  

Lebih baik memilih Niche yang lebih umum tapi potensial dari pada memilih Niche yang banyak dilihat tapi kurang potensial.  Contoh Niche Resep Masakan Diatas tentunya sangat potensial, menjangkau kalangan usia yang konsumtif.  Bandingkan dengan Niche yang banyak diminati orang, seperti Video Lucu, Video Tiktokan Gombal Ambyar, memang membangun Audiennya bisa lebih mudah tetapi apakah sesuai dengan target pasar kita? untuk apa banyak audien tetapi usia tidak konsumtif atau tidak relevan dengan produk kita.  Sama saja dengan sobat manawarkan Baju Kerja pada Anak sekolah, atau menawarkan produk kecantikan ke penggemar Bola yang mayoritas Pria. Jadi sekali lagi sobat harus benar-benar memilih target audien yang sesuai dengan produk, Rentang Usia produktif dan Konsuntif

Jika sobat merasa bingung apa yang cocok dengan produk yang sobat jual, maka sobat bisa memilih Niche yang Evergreen, yaitu Berpotensi besar cocok dengan banyak produk.  Karena dradroid tidak tau apa saja produk yang akan sobat jual, Namun dibawah ini adalah contoh beberapa Niche yang bisa dikatakan Evergreen
  1. Niche Resep Makanan (Tutorial dan Resep Masakan/Kue/Minuman)
  2. Niche Tips Kesehatan (Pola Hidup Sehat Alami, Diet sehat, Makanan Sehat)
  3. Niche Dakwah (Quote/Kutipan/Nasehat Islami, Video Dakwah Islami)
  4. Niche Tips Kecantikan
  5. Niche Kutipan Inspirasi (Kata-Kata Bijak)
  6. Niche Tips Bisnis atau Wirausaha
  7. Niche Info Kuliner
  8. Niche Info Travelling
  9. Niche Parenting
Note : Niche tersebut rata-rata menjangkau Audien Usia Produktif 25th-40th, dan berpotensi Konsumtif.
Jika Produk yang sobat jual adalah produk spesifik misal perlengkapan Naik Gunung, maka sobat bisa memilih Niche yang langsung berkaitan yaitu Tips-Tips seputar naik gunung, atau produk olahraga, maka gunakan Niche yang berkaitan dengan olahraga tersebut, tentunya akan lebih TERTARGET. Bagaimana sudah kebayang mau Memilih Niche Apa?


INGAT Tujuan Utama dari Akun Publik yang relevan dengan Akun Produk adalah Sebagai sumber trafik bagi akun produk, jadi pada akhirnya nanti, Akun Publik bisa sobat jadikan sebagai media beriklan atau promosi produk-produk jualan sendiri, tanpa harus bayar jasa iklan.  Bahkan dengan audien / follower akun publik yang tertarget dan relevan dengan produk, seakan-akan sobat punya area yang luas kemudian sobat berhasil menarik minat ribuan orang untuk berkumpul disana secara rutin bahkan rela jadi member, lalu cuma sobat yang berhak membuka Lapak atau memajang produk2 suvenir, makanan, minuman dll.  Jika ada orang lain yang ingin numpang memasarkan produk disana, maka harus membayar sewa ke sobat selaku pemilik tempat. Menarik Bukan? bisa dibilang Project Jangka Panjang dan EverGreen

Sobat tidak perlu merasa bingung dengan materi konten, karena tidak perlu membuat sendiri, cukup mengutif ulang atau bisa memposting ulang yang dinamakan dengan TEKNIK REPOST.  Bagaimana caranya? Nanti kita bahas lebih lanjut ya! Karena ada banyak Akun Publik yang sudah duluan jadi, yang bisa saja jadi sumber konten bagi sobat, tinggal pinter-pinter memilih. Tentunya akan lebih baik jika sobat memiliki waktu untuk membuat sendiri atau memodifikasi dengan versi sobat. Satu hal lagi, yang memudahkan bagi sobat untuk membangun akun publik, sobat tidak perlu tampil didepan kamera memberi tutorial, atau identitas sobat tidak perlu di informasikan. Banyak akun publik di instagram yang sudah besar namun identitas pemiliknya tidak secara langsung dipublish, sobat hanya sebagai aktor yang bekerja dibelakang layar. Dan Tentunya nanti akan kita bahas juga beberapa tool pendukung. 

Hal yang perlu sobat hindari adalah Idealisme.  Untuk memulai saja membutuhkan Waktu dan konsentrasi yang banyak, mempelajari parameter-parameter yang efektif, jadi jangan menerapkan idealisme yang tinggi dari awal, misal konten harus sempurna, konten ingin begini begitu, memilih banyak niche dalam 1 akun, biar banyak penggemar.  Awalnya Masuk Akal dan Manusiawi! tapi ingat banyak orang suka dengan konten bermanfaat tapi tidak suka dengan yang campur aduk, mereka bisa mengkonsumsi konten sobat, tapi tidak loyal dengan sobat.  Ingat! LEBIH SPESIFIK AKAN LEBIH TERTARGET. Lebih mudah mengelola, Tidak banyak buang waktu dengan mencari-cari konten. 
Diawal membangun yang justru lebih penting adalah mempelajari Parameter yang efektif, optimasi dan pahami Algoritma Instagram.  Apalagi jika dari awal sobat ingin Membangun banyak Akun dengan Niche yang berbeda-beda.  Semua Ini akan membuat sobat drop diawal dan keteteran.  Tapi jika sobat sudah mulai membaca pola maka Akun ke 2 dan seterusnya akan lebih mudah di bangun.  Jadi sangat disarankan fokus dengan 1 Akun Publik dan 1 Akun Produk.  Target awal adalah Bagaimana melatih sobat untuk membiasakan Posting secara KONSISTEN, dan FOKUS pada Jangkauan (REACH) Postingan. Dibawah ini adalah contoh Insight dari 1 Postingan Akun Publik.  Walaupun Follower masih ratusan tapi jangkauan atau Reachnya sudah ribuan, bahkan Puluhan Ribu.

  
Jadi target awal membangun Akun Bisnis atau Akun Publik, jangan terlalu fokus pada mengumpulkan follower. Jika Reach sudah menjangkau ribuan akun, konten kita relevan dengan mereka, postingan kita konsisten, maka dengan sendirinya follower akan rela untuk mengikuti kita dan ini yang dinamakan FOLLOWER ORGANIK.

Tidak sedikit Akun-Akun Jualan yang mengharapkan follower meningkat cepat, akhirnya memutuskan untuk membeli follower pada penyedia jasa instan. Akibatnya Follower tersebut tidak memberikan efek yang signifikan karena tidak relevan dengan produk kita, yang ada tidak bertahan lama dan berakhir Unfollow, Belum lagi dengan follower follower pasif.  Tujuan kita dari awal adalah untuk membangun akun yang benar-benar memberikan Efek Signifikan Pada Bisnis Sobat, walaupun tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Ingat Harus memiliki Komitmen untuk jangka panjang.

Setelah memutuskan untuk memilih 1 Niche, hal selanjutnya yang harus sobat siapkan adalah email dan nomor telpon untuk masing-masing akun.  Buat saja baru, biar mudah mengelola kedepannya.  Siapa tau Jika sudah besar, ada yang berminat untuk membeli Akun Publik yang sobat bangun dengan harga fantastis, Bisa -bisa sobat beralih profesi jadi Ternak Akun Publik.

Kemudian Sobat harus registrasi akun baru, dengan nama akun dan nama pengguna yang relevan dengan Niche.  Silahkan sobat survei terlebih dahulu dengan akun-akun yang sudah ada. Jika teman-teman punya akun instagram bisa melakukan pencarian dengan kata kunci yang sesuai misalnya "Resep masakan" maka akan muncul akun-akun yang relevan, tentunya jika sudah ada maka tidak akan bisa sobat gunakan. Setidaknya bisa jadi inspirasi bagi sobat. Misalkan ada Akun Resep masakan dengan nama "resepkue" maka sobat bisa membuat akun dengan nama "resepkuepilihan", Tapi jika sudah ada yang pakai tetap tidak akan bisa digunakan dan cari yang lain.
Sebaiknya Hindari menggunakan tanda "titik . " sebagai pemisah kata atau "underscore _" diakhir kata. Hilangkan idealisme dengan kata-kata tertentu!.  Nama pengguna ini penting agar kita mudah ditemukan atau agar mudah diingat, walaupun sewaktu-waktu bisa dirubah, namun sobat memerlukan 14 hari untuk bisa merubah kembali, dan tentunya ini tidak baik, jika username selalu berubah-ubah. Bagaimana jika ingin menggunakan nama sendiri, itu sah-sah saja selama belum digunakan orang.  Karena dengan berjalannya waktu, algoritma pencarian instagram tidak memprioritaskan berdasarkan nama pengguna melainkan kata kunci yang dipakai apakah relevan dengan akun sobat atau tidak.  Jadi jangan terjebak terlalu lama dengan pemilihan nama akun, gunakan sesimpel mungkin, mudah diingat, hindari penggunaan simbol atau angka. 

Tips lain sobat bisa mengumpulkan nama pengguna yang sudah ada, kemudian gabungkan beberapa nama menjadi nama baru, misal "resepmasakan" "resepibu" "menumasak" bisa digabung menjadi "menumasakanibu".  Atau sobat bisa mencari gabungan dari Hastagh-Hastagh populer sesuai Niche yang dipilih kemudian gabungkan atau jadikan inspirasi.  Sekali lagi jangan terjebak terlalu lama di pemilihan nama akun,  karena nama akun bukanlah penentu utama keberhasilan Akun Publik.    

Sampai disini semoga sedikit menambah wawasan sobat tentang akun publik, jadi bagi yang ingin mulai dari awal silahkan sobat menentukan Niche yang relevan dengan produk yang akan dijual, tentukan nama akun, kemudian buatlah akun baru.  Paling mudah membuat akun instagram dari Aplikasi via android dan verifikasi menggunakan no HP, setelah terdaftar baru tambahkan email (bisa dilakukan belakangan).  Bagi yang tidak tahu caranya sementara cari tutorial di Youtube Bagaimana Membuat akun Instagram via Android, Kemudian Cari Cara Merubah Akun Instagram Personal Menjadi Akun Profesional Bisnis. Gak terlalu sulit karena banyak Tutorial yang sudah ada di Youtube.

Artikel Selanjutnya dradroid akan Mulai membahas 
👇😎👇

Optimasi Penting Pada Akun Publik atau Akun Bisnis Instagram

dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram BekerjaApa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua.  Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri.  Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.

Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 
👇😎👇

Semoga bermanfaat
Salam

  



 

Lanjut Baca

Jenis Akun Instagram yang cocok untuk Bisnis jualan Online

 

Setelah membahas beberapa info penting terkait membangun akun instagram untuk keperluan bisnis jualan online, kali ini dradroid akan membahas jenis akun yang cocok untuk jualan online. Artikel ini merupakan Part ke 3 dalam belajar membangun instagram untuk bisnis. Bagi sobat yang belum membaca Artikel sebelumnya disarankan untuk membaca biar afdol, atau bisa kunjungi halaman dibawah ini

👇😎👇

Belajar Instagram

Mungkin diantara sobat ada yang belum tahu kalau instagram memiliki beberapa tipe akun yang bisa dipilih.  Ada 3 pilihan akun yang bisa kita pilih dari 2 kategori akun instagram, yaitu

  1. Akun Personal
  2. Akun Profesional, terbagi menjadi 2 yaitu Akun Bisnis dan Akun Kreator 
Ketika pertama kali mendaftar akun instagram, secara default pengguna akan otomatis memiliki akun personal, jika ingin menggunakan Akun Bisnis atau Kreator, pengguna bisa merubah tipe akun setelah memiliki akun instagram personal melalui menu pengaturan (Setting). Perbedaan mendasar dari akun personal dan profesional adalah fitur atau fasilitas yang ditawarkan.  Tipe personal lebih cocok untuk keperluan pribadi, sekedar media untuk berbagi sesama teman atau keluarga dan sifatnya privasi atau terbatas. Tentunya akun personal tidak cocok digunakan untuk keperluan bisnis atau jualan.  Namun tidak sedikit pengguna instagram yang masih menggunakan akun personal untuk keperluan jualan, tentunya tidak akan optimal. 
 
Sedangkan Akun Profesional menawarkan fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan akun personal, walaupun aplikasi yang diinstal sama saja dengan akun personal atau secara tampilan depan tidak terlalu terlihat perbedaannya.  Yang menjadi alasan utama bagi pengguna harus memilih Akun profesional adalah FITUR INSIGHT pada artikel sebelumnya sudah kita ulas sedikit tentang fitur Insight di Instagram.  Dengan fitur ini, pengguna akun bisa melihat data statistik pertumbuhan akun instagram dari waktu ke waktu, berapa orang yang dijangkau oleh postingan kita, statistik data follower kita mulai dari jenis kelamin, usia, asal daerah, data Kapan waktu follower aktif, potingan seperti apa yang banyak peminatnya, dan masih banyak lagi.  Tentunya data-data tersebut sangat penting bagi sobat yang bertujuan untuk berjualan via instagram, dan tidak akan ditemukan jika sobat memilih akun Personal. Khabar baiknya adalah Bahwa semua Akun tersebut dapat digunakan secara GRATIS.

Terus Akun profesional yang cocok untuk jualan itu akun Bisnis atau Kreator? dradroid sangat menyarankan untuk menggunakan AKUN BISNIS, walaupun akun kreator sama sama memiliki Fitur Insight, dan masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan, namun sesuai namanya Akun Bisnis lebih cocok untuk sobat.

Sekedar wawasan, akun kreator lebih cocok untuk Influencer, Brand, Artis, Selebgram. Hal penting lainnya pada akun bisnis, sobat bisa menampilkan tombol kontak langsung dibagian depan Instagram yang memudahkan pengunjung untuk menghubungi kita, atau ingin mempromosikan produk kita dengan menggunakan Instagram Ads. Jika masih penasaran silahkan Googling perbedaan dari Ketiga akun Instagram. Karena tujuan kita belajar membangun Akun instagram untuk keperluan bisnis, maka Akun Bisnis yang paling cocok.

Cara membuat akun instagram pertama kali, dan Cara merubah Akun personal ke akun bisnis, untuk sementara dradroid skip dulu, jika ada kesempatan nanti akan di update tutorialnya, sementara sobat bisa melihat dari artikel lain atau youtube. Namun sebelum membuat akun baru, sebaiknya lanjutkan dulu bacanya ya.


Ada hal lain yang menurut dradroid lebih penting untuk dibahas Sebelum sobat membuat akun bisnis, yaitu peran dari akun bisnis yang akan sobat bangun.  Mau dibawa kemana akun bisnis yang akan kita bangun? Kenapa muncul pertanyaan seperti itu? 

Akun bisnis yang memiliki fitur insight bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Tapi kan sudah jelas dari awal kita akan membangun akun untuk bisnis, yup benar sekali. Tidak salah Jika sobat menganggap bahwa Akun Bisnis Orientasinya adalah Upload produk jualan, jadi isinya semua tentang produk.  Namun pernahkan sobat melihat Akun yang berisi tentang seputar berita, informasi, tutorial, tips kecantikan, tips masak, tips komputer, kesehatan, inspirasi, dakwah, video lucu dan banyak lainnya.  Semua akun tersebut rata-rata menggunakan akun bisnis. Tujuannya apa?tujuannya adalah untuk mengumpulkan masa atau trafik pengguna instagram yang memiliki ketertarikan pada tema konten tersebut. Lalu apa hubungannya dengan bisnis atau jualan? sangat relevan, ketika akun tersebut punya jumlah penggemar yang banyak dan memiliki ketertarikan yang sama maka akun tersebut bisa digunakan untuk menggiring trafik membeli produk yang kita jual.  Akun bisnis yang bisa menggiring trafik disebut sebagai AKUN PUBLIK. Peran fitur insight disini sangat signifikan, karena kita dapat melihat data follower yang dominan mulai dari usia, jeniskelamin, kota asal dll, sehingga jika digiring ke akun jualan yang relevan dengan mereka tentunya akan sangat menguntungkan.

Contohnya Peminat Akun publik yang memiliki konten tentang Tips kecantikan akan sangat relevan dengan produk makeup, baju, tas sepatu dll, dengan analogi yang sama maka akun publik dengan konten dakwah relevan dengan produk Hijab, Gamis, Baju Koko, Busana Muslim Anak, dll.
Sebelum membahas lebih jauh, kini sobat mengetahui bahwa ada 2 kategori akun yang biasa memanfaatkan Akun Bisnis yaitu
  1. Akun Jualan : Kontennya mayoritas berisi gambar atau video produk-produk yang dijual
  2. Akun Publik : Kontennya berisi media informasi, tutorial, tips, hiburan, dan hal menarik serta bermanfaat lainnya yang mampu menarik minat pemirsa dengan cepat.
Sebagai informasi tambahan tema-tema konten dalam akun publik biasa disebut sebagai NICHE.  Beberapa Niche yang evergreen dan cocok ke banyak produk jualan, misalnya Niche Resep Masakan, Resep Kue, Niche Tips Mendidik anak (Parenting), Niche Dakwah, Niche Tips Hidup Sehat.  Kenapa dikatakan cocok ke banyak produk? Coba scroll lagi keatas, amati contoh data Insight tadi. Disana bisa kita liat bahwa follower akun tersebut Mayoritas 72% adalah wanita, Usia dominan berada di Rentang 25th - 40th, Kira-kira menurut sobat Produk apa saja yang bisa ditawarkan ke Audien tersebut? sekedar info, data Insight diatas adalah Data Akun Publik Niche Resep Masakan.  Sudah mulai Paham kan?


Jadi apa yang cocok untuk mendudung bisnis sobat? keduanya cocok, dan sangat di rekomendasikan dibangun bersamaan.  Sobat pasti sering mendengar endorse produk? ya jasa promosi via akun Influencer/Artis/Celebgram.  Walau efektif tapi sobat mesti menyediakan dana promosi atau iklan agar produk sobat di endorse oleh akun influencer/artis/celebgram, tentunya mereka punya fans/follower yang banyak, dan ini memberikan potensi trafik yang besar ke akun jualan sobat, BUT NOT FREE

Masalahnya baru mulai belajar jualan online, jadi klo pun ada budget promosi, ya masih minim. Nah, solusinya adalah Memanfaatkan Akun Publik dengan Istilah PAID PROMOTE (silahkan cek di IG akun-akun yang di Bionya ada kata kata Terima jasa Paid Promote /PP. Promosi di akun publik biasanya lebih hemat, dan tak kalah efektif dengan Endorse artis, akun publik pun memiliki audien/pemirsa/follower yang banyak, hanya saja karena akun publik biasanya tidak menampilkan pemiliknya, jadi harus pintar-pintar memilih audien target yang cocok dengan produk jualan kita, misal cari akun publik yang niche dakwah atau mayoritas wanita seperti niche resep makanan untuk mempromosikan produk Busana wanita. 

Jadi model promosinya adalah numpang posting di akun publik, dengan harapan dilihat banyak orang dan tertarget, dan trafik calon pembeli bisa mengalir ke akun kita.  Tapi tetap harus ada budget.  Gimana Biar bisa promosi gratisan?? Ya kita bangun Akun publik sendiri, Selain bisa kita tentukan dari awal apa niche yang cocok dengan produk kita, Kita jadi bisa beriklan produk kita sendiri gratis, Bahkan jika ada orang yang punya produk cocok dengan audien kita, bisa bisa mereka tertarik memakai akun kita untuk Numpang Promosi Tentunya berbayar. Menarik bukan punya akun publik, bisa iklan gratisan, bahkan bisa terima jasa iklan.

Wah repot bikin akun publik misal dengan niche masakan, soalnya gak bisa masak atau gak biasa bikin tutorial.  Tenang, sobat tidak perlu susah-susah bikin konten, Cukup REPOST Konten Orang tentunya dengan Etika ya.  Bagaimana Tekniknya? nanti kita bahas... Pokoknya banyak deh yang bakal di kupas disini.

Kenapa gak sekalian saja, 1 akun bisnis isinya Akun Jualan produk semi akun publik, Jadi misal Jualan Makeup skincare + diisi Tips-Tips Makeup dan kecantikan. NICE IDEA! Kayak martabak Bangka donk Setengah coklat setengah keju, favorit dradroid banget.

Inilah dilemanya, Coba posisikan sobat sebagai pengguna instagram biasa. ada banyak sekali pengguna yang buka instagram hanya untuk mencari tips, tutorial, hiburan, atau inspirasi, ketika menemukan sesuatu yang dicari dan menarik, pasti sobat akan kepo liat postingan2 yang lainnya, ketika masuk eh sobat malah liat produk jualan banyak banget, kira-kira ilfil gak? yang tadinya mau follow, gak jadi deh gara-gara iklan.  Berbeda dengan User yang dari awal buka aplikasi instagram untuk cari produk, Tapi ingat Audien yang paling banyak adalah audien yang mencari hal-hal bermanfaat seperti hiburan, tips, tutorial dan inspirasi. Hal inilah yang kadang tidak terbaca oleh pemilik olshop, merasa sudah posting banyak produk, tapi minim pengunjung bahkan pembeli.  Terbukti inilah Perlunya pemahaman tentang Target Pengunjung dan calon pembeli, Pelajari karakter dan kebiasaan mereka yang memiliki potensi bagi sobat, gunakan strategi. Jangan sekedar jualan aja.  Percuma Jualan Jilbab klo target yang melihat kita justru buka instagram untuk cari info bola atau hobi Bola yang Mayoritas Cowok, Tapi lain cerita klo produk kita sepatu Bola atau Jersey Bola. Naah, itu yang namanya TERTARGET! 

Dari sini dradroid mempersilahkan untuk memilih strategi dari awal, apakah akan membangun akun bisnis isi gado-gado, atau minimal membangun 2 akun bisnis (1 akun jualan isi produk + 1 Akun Publik Niche yang relevan dengan Produk). Model yang kedua ini tetap punya akun produk, dan membangun akun dengan target komunitas besar via akun publik, lalu sobat giring ke akun produk, seolah-olah nanti produk sobat hanya dipromosikan di akun publik, padahal keduanya punya sobat sendiri.  Malah jika sudah paham teknik membangun, sobat bisa membangun akun publik ke 2 ke 3 dst, digiring ke 1 akun produk. Hayo mau pilih yang mana? SUDAH SIAP MEMBANGUN 2 AKUN PUBLIK??

Untuk sementara cukup sekian bahasannya, biar gak kunang-kunang. Artikel berikutnya kita akan bahas lebih dalam tentang Akun Publik. Jangan lupa Bookmark dulu ya blog dradroid  

👇😎👇
Semoga Bermanfaat

Lanjut Baca

Hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Membangun Instagram Untuk Bisnis Jualan



Ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya, yang merupakan Materi Pendahuluan untuk membuka wawasan, sebelum mulai membangun Akun Instagram untuk Bisnis Jualan Online. Jadi bagi sobat yang belum membaca artikel sebelumnya, sangat direkomendasikan untuk membaca Artikel berikut :

👇 Silahkan klik DirectLink dibawah ini ðŸ‘‡

Membangun Akun Instagram Untuk Bisnis Jualan Online Shop

Sedikit review dari artikel sebelumnya yaitu pahami bahwa tidak ada cara yang benar-benar instan dalam membangun akun instagram untuk bisnis, namun ada teknik-teknik efektif yang perlu diketahui agar menjadi optimal. Perlunya sobat memahami potensi Instagram yang sangat bagus untuk mendukung bisnis, akan menjadi motivasi kuat untuk memutuskan mulai belajar membangun Instagram.  

Lalu apa sih teknik-teknik yang perlu diketahui itu? OK, kali ini dradroid akan membahasnya namun sebatas wawasan pendahuluan, detailnya akan dijelaskan pada Artikel Khusus agar lebih jelas dan mendalam. Ingat kita akan melakukan pembelajaran secara bertahap Mulai dari Nol kaya pertamina, sehingga pembelajaran ini dapat dikonsumsi oleh sobat yang masih pemula sekalipun.

Dari artikel sebelumnya sobat sudah dapat gambaran bahwa Target awal membangun akun bisnis adalah Bagaimana cara agar postingan kita menjangkau banyak akun instagram, katakanlah dari 1 postingan mampu menjangkau ribuan orang diluar sana, walaupun follower kita masih sedikit. Jadi didalam Instagram ada yang namanya Jangkauan Posting (Reach). Bagaimana caranya? tentunya ada parameter-parameter dan Algoritma instagram yang harus kita pelajari dan kuasai. Jadi sobat harus paham bagaimana Instagram bekerja, sehingga postingan kita mampu dilihat orang banyak sekalipun bukan follower kita. Instagram itu diumpamakan robot yang sudah diprogram agar mampu mendistribusikan jutaan postingan tiap hari dari berbagai akun ke akun yang lain.  

Jika kita pahami cara kerja Robot tersebut maka kita akan mudah menerapkan teknik-teknik yang akan kita pelajari agar instagram bekerja seperti yang kita inginkan. Wah ribet ya? Tenang tidak serumit yang dibayangkan. Ikuti saja dulu.

Bagi sobat yang sudah punya akun instagram pernahkah menyadari kenapa dihalaman home akun kita, muncul postingan-postingan dari akun yang tidak pernah kita kenal atau bukan follower kita? hal ini sebagian disebabkan dari aktivitas kita sendiri. Misal sobat pernah memfollow seseorang, maka Instagram akan merekomendasikan akun yang serupa dilain waktu untuk kita follow. Jika sobat pernah menyukai 1 postingan, maka instagram akan menampilkan beberapa postingan serupa dihalaman home akun sobat, jadi jangan heran jika pernah menyukai postingan tentang tutorial kecantikan, maka akan ada beberapa postingan serupa dari akun lain yang belum pernah kita follow tapi muncul di home kita.

Lalu dari gambaran diatas apa poin yang bisa kita ambil? Ingat Instagram memiliki algoritma yang bekerja otomatis ketika kita posting sesuatu, salah satu hal yang bisa sobat pahami adalah RELEVANSI, jadi Instagram akan menganalisa hal-hal yang dianggap relevan dengan akun dan merekomendasikannya atau menampilkannya.  Artinya Relevansi ini akan menjadi teknik promosi gratisan, bayangkan jika postingan kita dianggap relevan dengan banyak akun diluar sana, maka dengan cara yang sama, instagram akan menampilkan postingan kita di banyak akun orang, sekalipun bukan follower kita. Wow Menarik bukan?

Kembali ke Jangkauan Postingan (Reach), Parameter apa saja yang menyumbang terhadap jauh tidaknya postingan kita menjangkau akun orang? perhatikan gambar Insight Postingan Instagram dibawah ini 

Insight sendiri merupakan data analisis Instagram yang menampilkan statistik dari setiap akun Instagram, bahkan setiap postingan. (Note : Bagaimana cara menampilkan dan Informasi detail terkait insight akan kita bahas nanti ya, setidaknya sobat tahu ada istilah baru yaitu insight)

Dari gambar diatas perhatikan bagian  Jangkauan (Reach) dan Impresi (Impressions).  Jadi 1 Postingan diatas mampu menjangkau (Reach) 24.793 Akun (99% Bukan follower), Sedangkan impresi adalah total postingan tersebut berapa kali dilihat orang, dengan kata lain dari jumlah akun yang dijangkau, bisa saja beberapa akun melihat postingan kita lebih dari sekali, jadi dipastkan Impresi lebih besar dari jangkauan, semakin besar impresi bisa jadi indikasi postingan kita menarik, bermanfaat, atau bikin penasaran sehingga rela melihat berulang-ulang.  

Apa yang membuat Jangkauan dan Impresi menjadi besar? Dari gambar yang sama bisa kita lihat bahwa yang menyumbang hal itu adalah Tagar (hashtag), Beranda (profile), Jelajah (Explore), dan lainnya (Other). Bagi yang belum paham, saya akan ulas sedikit bagian tersebut, sekali lagi info detail akan dibahas pada bagian tersendiri termasuk bagaimana cara optimasi parameter tersebut.

  • Tagar (hashtag) diwakili oleh tanda "#" Misal #dirumahaja, biasa digunakan di sosmed sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan kategori tertentu yang memiliki relevansi yang serupa, analoginya adalah semacam folder di komputer, namun tagar sifatnya general, siapa saja bisa menggunakan asal memiliki nama yang sama, tujuannya agar sebuah konten yang setipe/relevan dapat ditemukan dengan mudah. Pada kenyataannya karena ketidaktahuan, ikut-ikutan biar keren atau memang sengaja, terkadang Tagar berisi konten-konten yang tidak relevan, sehingga banyak di temukan Tagar dengan nama tips kecantikan berisi konten tips masakan.
  • Beranda (Profile) biasanya trafik pengunjung konten berasal dari follower sendiri
  • Jelajah (Explore), Bagian halaman depan / Home akun instagram yang menampilkan banyak konten baru, Jika postingan kita berhasil ditemukan oleh Akun orang via Explore, ini pertanda Baik karena postingan kita masuk kedalam kriteria Instagram sebagai konten yang relevan dan layak direkomendasikan ke akun lain.
  • Lainnya (Other) biasanya sumber jangkauan berasal dari orang yang melihat postingan kita kemudian karena konten kita dianggap bermanfaat dia merekomendasikan ke temannya dengan cara mention atau tag temannya tersebut, atau karena kita pernah memberi like/komentar ke postingan orang, kemudian orang tersebut kepo dengan akun kita, lalu melihat postingan-postingan kita.    

Dari pembahasan kali ini, dradroid berharap bahwa wawasan sobat mulai terbuka, ternyata ada hal-hal yang harus dipahami dan bisa dioptimasi agar sebuah postingan bisa menjangkau ribuan akun sekalipun belum menjadi follower kita.  Bukan hanya sekedar, posting-posting gambar atau video ke Instagram.

Sampai disini sobat mulai mengenal istilah Algoritma Instagram, peran Relevansi sebuah konten, apa itu Reach (jangkauan), Impressi, ada parameter Hashtag, Explore, Profile, dan lainnya. 

Kok belum mulai udah bahas kemana-mana? Cara Buat akun saja belum bisa. Tenang, Tentunya akan kita mulai dari nol, ini sekedar kulitnya dulu karena Artikel ini merupakan artikel pendahuluan sebelum sobat mulai belajar membangun Akun Instagram untuk Bisnis. Sehingga dengan adanya wawasan ini, maka sobat mulai memahami bahwa ada banyak parameter yang bisa dioptimalkan dalam membangun akun bisnis. 

Tujuannya sejak dari awal sobat harus sudah memiliki komitmen yang tinggi untuk belajar dan tidak terburu-buru. Mulai Sekarang pemikiran mencari cara instan harus ditinggalkan

Jangan Buang-buang waktu untuk mencari cara singkat, lebih baik Mulai Sediakan waktu untuk belajar dengan cara yang benar! Setuju? 

Kita lanjutkan di Artikel berikutnya dengan mengenal Akun apa saja sih yang ada di Instagram yang cocok untuk digunakan untuk Bisnis? Sampai ketemu di Artikel Berikutnya

👇😎👇

Jenis Akun Instagram yang cocok untuk Bisnis jualan Online

dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram BekerjaApa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua.  Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri.  Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.

Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 
👇😎👇

Semoga Bermanfaat

dradroid

    

Lanjut Baca

Membangun Akun Instagram Untuk Bisnis Jualan Online Shop




Setelah sekian lama tidak update blog, kali ini dradroid akan kembali menjalankan rutinitas untuk berbagi info bermanfaat kepada sobat sekalian.

Pada kesempatan ini dradroid akan membahas tentang bagaimana cara membangun akun instagram untuk bisnis atau jualan online. Namun Sebelum membahas lebih jauh berikut beberapa pertanyaan umum yang biasa muncul terkait membangun Instagram untuk bisnis jualan online.

  • Apakah ada cara instan untuk membangun akun Instagram?
  • Apakah Instagram memiliki potensi bagus untuk mendukung usaha/bisnis ?
  • Apakah ada teknik khusus yang harus dipahami dalam membangun instagram untuk bisnis?
  • Apakah pemula yang baru pertama kali menggunakan Instagram akan kesulitan?
  • Apa hal penting yang harus dimiliki ketika akan membangun instagram untuk bisnis?     

Penasaran Jawabannya? bagi sobat yang benar-benar ingin membangun Instagram untuk mendukung bisnis online, maka sangat disarankan untuk memahami secara umum terlebih dahulu, hal-hal penting apa saja yang harus diketahui agar bisa mulai belajar dengan target jelas dan terarah.  Jadi sebelum berbahas teknik lebih jauh, dradroid akan mulai membuka wawasan terlebih dahulu dengan membahas poin-poin penting yang harus dipahami sebelum mulai membangun, Sehingga ada motivasi yang tinggi untuk memulai. Yuk Kita Belajar dari Nol!  

Mungkin diantara sobat sekalian ada yang masih belum paham dalam membangun akun instagram yang ditujukan untuk bisnis, atau sudah mencoba tapi kok tidak sesuai harapan. Pada kenyataannya memang masih banyak yang belum memahami bagaimana teknik berjualan di Instagram. Sehingga wajar saja jika hasilnya belum optimal untuk mendukung bisnis sobat sekalian. Dengan kata lain, ada teknik teknik tertentu yang harus sobat pahami dan pelajari, lalu terapkan, karena menggunakan akun instagram untuk bisnis tidak sama dengan menggunakan akun IG untuk personal atau ajang berbagi konten semata.

Atas dasar ini, dradroid akan membagikan info terkait teknik membangun instagram, tentunya setelah dradroid belajar dan ikut berbagai pelatihan Instagram untuk bisnis. Namun perlu diketahui, untuk memahami hal ini membutuhkan pembahasan yang sangat panjang, Jadi dradroid tidak akan membahas sekaligus dalam satu postingan, melainkan dibagi ke beberapa postingan, tentunya dengan penjelasan yang singkat padat dan mudah dipahami.  KENAPA DEMIKIAN?

Ada banyak parameter yang harus Sobat pahami, dimana setiap parameter memiliki peranan yang sangat penting sehingga akun instagram dapat kita optimalkan untuk menunjang Binis Sobat kedepan. Pada intinya target dradroid adalah sobat bisa memahami Bagaimana Cara Kerja Instagram atau Algoritma Instagram Sehingga bisa kita optimasi untuk keperluan Bisnis. Hal yang perlu sobat ketahui adalah Membangun Instagram itu tidak bisa dilakukan dalam beberapa hari atau beberapa minggu, Melainkan Membutuhkan Waktu BERBULAN-BULAN, dengan cara KONSISTEN. Jadi jika mengharapkan ada cara INSTAN maka itu hanya akan membuang-buang waktu, tenaga bahkan dana. Jadi hal yang harus sobat siapkan pertama kali adalah KOMITMEN untuk membangun Instagram Step by Step, Belajar sambil Langsung Praktekan. 

Ada banyak informasi yang dibagikan terkait hal ini baik di Medsos, Blog, Youtube namun tidak pernah ditemukan tutorial instan dalam satu postingan artikel atau video. Dengan artikel kali ini dan tentunya beberapa Artikel kedepan, diharapkan bisa membatu sobat untuk membangun akun secara bertahap namun terprogram dan terarah, dan pada prakteknya nanti sobat bisa menggali berbagai info terkait materi dari berbagai sumber. Namun jangan khawatir, walaupun tidak ada cara instan tapi masih banyak cara EFEKTIF yang bisa dipelajari.

Berdasarkan hal itu, Pada postingan kali ini dradroid hanya akan membahas hal-hal yang perlu sobat ketahui dan pahami ketika akan memulai membangun Akun Instagram Untuk Bisnis, Agar pola pikir dan komitmen diawal terbentuk, sehingga harapan mendapatkan cara instan harus dihilangkan sekarang juga, dan rubah menjadi Tekad bahwa saya akan mulai membangun Akun Instagram Dengan Cara yang Benar dan Efektif. 

"Selalu Dimulai dengan Langkah Pertama Untuk Mencapai 1000 Langkah Kedepan, Tidak Ada Jalan Pintas Untuk Menjadi Seorang HOKAGE (Kata Naruto)"

Sudah Punya Komitmen Untuk Mulai Belajar Membangun Akun Instagram? yuk Lanjut

Potensi Instagram Untuk Bisnis

Sumber : Link

Berdasarkan data yang dirilis dari napoleon cat (silahkan googling untuk data terbaru) bahwa sampe dengan bulan Mei 2020 Pengguna Instagram indonesia ini masuk 5 pengguna Terbesar di dunia yang mencapai hampir 70 juta pengguna tentunya masih terus meningkat, serta didominasi oleh wanita dan pengguna usia produktif. 

Apakah dari data ini sobat bisa melihat potensi yang bagus? oke kita coba itung-itungan sedikit ya.

  • Seandainya dari 70 Juta pengguna, 0.01% saja kita jangkau untuk jadi target pasar kita maka ada 7000 orang pengguna di indonesia yang akan  melihat produk-produk yang kita jual. 
  • Kemudian Jika ada 1% saja dari Pengguna yang melihat produk kita memutuskan membeli produk kita setiap hari, maka akan ada 70 produk terjual minimal.  
  • Jika 1 produk yang kita jual memiliki keuntungan Rp 5000 saja maka total keuntungan dalam 1 hari adalah 70 x Rp 5000 = 350.000/hari, Dalam 30 hari Total yang kita dapat adalah  Rp 10.500.000 

Bagaimana menurut sobat potensinya apakah bagus atau tidak? itu baru target 1% pembeli dari 0.01% Pengguna yang kita targetkan.  Apakah semudah itu? tentu tidak, dan yang harus dipahami adalah Pengguna yang kita targetkan TIDAK HARUS DARI FOLLOWER KITA? Artinya, Akun yang kita jangkau adalah Akun-Akun baru yang bukan follower kita, dan nantinya akun-akun yang jadi Follower kita akan ditargetkan jadi pelanggan setia kita. Bagaimana caranya Menjangkau Akun Baru? Nanti akan kita bahas lebih lanjut, Poin yang Perlu kita pahami disini adalah Target Awal dalam membangun Akun Instagram untuk Bisnis adalah Bagaimana Cara Agar Akun Kita Mampu Menjangkau Ribuan Orang baru, Bukan Sibuk mengumpulkan Follower. Jualan adalah Mencari Pembeli bukan Teman, Tapi jika ada Pembeli yang memutuskan menjadi Follower, Bisa jadi itu akan jadi Pelanggan Tetap.  Maka Munculah istilah MEMBANGUN INSTAGRAM SECARA ORGANIK.

Semoga Paham sampai disini.  Informasi penting lainnya yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk memulai membangun Instagram dengan cara yang terarah dan efektif akan kita bahas pada artikel Selanjutnya. 

👇 Silahkan klik DirectLink dibawah ini ðŸ‘‡

Hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Membangun Instagram Untuk Bisnis Jualan

Biar gak hilang jejak, jangan lupa bookmark dulu ya 👌😀

dradroid punya Informasi Bermanfaat nih buat sobat sekalian, Ada Materi Video Bagus Tentang "Bagaimana Cara Meningkatkan 10000 Follower Dengan Metode Organik" Langsung dari Pakar Instagram dan sosial media, Dalam durasi sekitar 1 Jam, Sobat akan diberikan wawasan dan Materi video tentang bagaimana Algoritma Instagram BekerjaApa yang harus dilakukan, Dan Strategi Untuk mendapatkan 10000 Follower Pertama secara Organik!! dan Khabar Baiknya Adalah Sobat Bisa mendapatkan Akses ke Video Secara GRATIS!!! Jadi jangan Lewatkan Kesempatan Langka ini, Karena Isinya DAGING Semua.  Sobat cukup klik Daftar dan mengisi bio data seperti Email, agar bisa nonton berulang-ulang. Tambahan lagi, setelah itu sobat akan mendapat tips-tips bermanfaat terkait membangun akun instagram secara organik yang akan dikirim via Email, Gak perlu cari2 info, dateng sendiri.  Bisa jadi sumber wawasan baru nih apalagi langsung dari ahlinya.

Langsung Aja ke TKP Klik DirectLink dibawah ini 
👇😎👇


Semoga Bermanfaat

dradroid     

        

   

Lanjut Baca

Cara Mudah Membuat USB Bootable Windows 7/8/10 Installer


Kali ini Dradroid akan membahas tentang bagaimana cara membuat atau menyiapkan Windows installer pada USB Bootable (Flaskdisk).

Bagi kalian yang kebingungan ketika PC atau Laptop/netbook/notebook mendadak error, atau sudah terasa lambat, sehingga ingin melakukan proses Install Ulang dengan Fresh Windows namun tidak memiliki CD/DVD Installer, atau memiliki installer tapi tidak memiliki DVD Rom.  Solusinya yaitu membuat Installer windows menggunakan Flashdisk atau USB Drive.

Cara membuat Bootable Disk tentunya tidak sesulit yang dibayangan dan tentunya ekonomis serta efisien. Ada banyak cara, dan cara yang akan digunakan disini menggunakan freeware Rufus yang dapat kita akses di web resminya secara gratis.

Pertama hal-hal yang harus kalian persiapkan adalah sebagai berikut :
1. USB Drive (Flashdisk), Minimal kapasitas 4 GB Untuk Windows 7/8, 8 GB untuk Windows 10
2. Source Windows Installer 7/8/10 dalam format Disk Image .ISO
    Untuk mendapatkan file Windows Installer, kalian bisa mendownloadnya di web Microsoft secara gratis, dengan catatan memiliki Product Key Original (Khusus Windows 7)  yang bisa di lihat di License Sticker Windows yang terpasang dibawah Laptop/Notebook/Netbook kalian. Sedangkan Untuk Windows 8/10 dapat langsung kalian download.
Link Microsoft Windows 7, Sesuaikan Versi Windows yang akan di download 32/64 bit Home/Profesional agar saat melakukan aktivasi nanti tidak bermasalah
Link Microsoft WIndows 8, Jangan lupa Sesuaikan Versi Windows
Link Microsoft Windows 10, Jangan Lupa Sesuaikan Versi Windows
Kalian juga bisa download manual via Mirror link dengan cara googling Misal dengan Key word "Windows 7 Installer ISO File Download", Namun tentunya lebih beresiko. Di web rufus bagian bawah pun biasanya disertakan link Windows.

3. Software Rufus

    Sofware Rufus dapat kalian dapatkan di web resmi Rufus, silahkan klik Disini, pada saat artikel ini dibuat versi rufus terakhir adalah Rufus 3.10 (Direct Link Download)
ada 2 versi yang dapat kalian pilih yaitu Rufus Executable dan Rufus Portable, pada dasarnya sama saja, dan keduanya tidak memerlukan instalasi khusus, alias langsung bisa dijalankan. Ukuran filenya pun Kecil sekitar 1 MB, dan yang terpenting adalah Gratis.


Setelah ketiga hal diatas sudah siap, maka tinggal eksekusi dengan urutan sebagai berikut

1. Tancapkan USB Drive (Flashdisk) ke Port PC/Laptop, Pastikan Terdeteksi dengan baik. 
NOTE Backup semua data yang ada di Flashdisk karena pada prosesnya nanti Rufus akan melakukan Proses Format USB Drive, Jangan sampai ada data penting yang terhapus.
2. Jalankan File exe Rufus, sampai terbuka Menu Dialog Rufus, seperti Gambar dibawah ini

3. Pastikan di Kolom Device terdeteksi Flashdisk kalian, Jika tidak silahkan coba Cabut dan pasang kembali Flashdisk atau pindahkan ke port yang berbeda.
4. Pada bagian Boot Selection pilih (Klik Select) file Image Windows Installer .ISO yang sudah kalian Download tadi.
5. Biarkan yang lain Default atau pastikan bisa mengikuti Settingan pada gambar diatas (Volume Label/Nama Flashdisk bisa kalian rubah sesuai keinginan)
6. Jika sudah yakin sesuai settingan, maka tinggal Klik Start untuk memulai proses transfer/ copy Image windows ke Flashdisk, Sebelum Proses Transfer Dimulai akan ada notifikasi bahwa flashdisk akan di format, Klik OK tanda setuju. Biasanya Membutuhkan waktu sekitar beberapa menit sampai Indikator Bar mencapai 100% atau Muncul Tulisan Ready. Lepaskan Flashdisk dari PC/Laptop

Jika sudah selesai, Maka Installer Windows USB Drive Bootable anda sudah siap digunakan. Gampang Bukan??
Jangan Lupa ketika akan melakukan Booting dari USB Drive, Settingan Boot Sequence Priority di BIOS Harus diarahkan ke USB Drive (Flashdisk) sebagai First Booting. 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog Dradroid
Salam
Dradroid



Lanjut Baca

Cara Instalasi IDE Apache Netbeans 11 di Mac OS




Kali ini dradroid akan memberikan informasi tentang panduan Cara Instalasi IDE Apache Netbeans 11 di Mac OS. Walaupun sudah support multi platform sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS dan BSD, namun kali ini dradroid akan memberikan panduan instalasi di platform Mac OS.
IDE Apache Netbeans 11 telah resmi diluncurkan pada tanggal 4 April 2019, dengan membawa berbagai fitur baru yang diusungnya. Untuk Mengetahui fitur terbaru dari Apache Netbeans 11, teman teman bisa cek informasinya disini Features Apache Netbeans 11.

Langsung saja bagaimana cara instalasi Netbeans 11 di platform Mac OS, Apa saja yang diperlukan untuk instalasi, diantaranya adalah

  1. Installer Java Develpoment Kit Terbaru (Versi 12), teman teman bisa download Installernya di sini Download Installer JDK 12 Silahkan teman teman pilih source installer untuk Mac OS 64 bit type .dmg
  2. Installer Apache Netbeans 11. Teman teman bisa melakukan installasi Netbeans di Mac OS dengan menggunakan 3 opsi alternatif installer :
    a. Instalasi menggunakan Script Shell, Install.sh, Silahkan download disini Mac OS X Installer Bundle
    b. Instalasi menggunakan paket Binaries (bin.zip), Silahkan download disini File Binaries bin.zip Apache Netbeans 11 Jangan lupa pilih yang Binaries.
    c. Instalasi menggunakan .dmg file, silahkan download di sini Installer dmg file Apache Netbeans 11 Jangan lupa pilih yang file dmg.
  3. Akses internet untuk mendownload paket installer diatas dengan quota sekitar 500 MB
Sebelum instalasi Apache Netbeans 11, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa JDK terbaru sudah terpasang di Mac OS teman-teman. Jika sudah terintal, silahkan memulai instalasi Apache Netbeans 11 dengan menggunakan salah satu installer diatas.

Untuk memudahkan panduan instalasi dradroid sudah membuat video tutorial nya yang bisa teman-teman akses di 3 Cara Mudah Instalasi Apache Netbeans 11 di MacOS berikut Video nya 



Teman teman tidak perlu melakukan semua cara instalasi, cukup pilih salah satu cara yang termudah. sedikit informasi tentang 3 installer diatas :

  1. Installer dengan file script shell, Install.sh merupakan file yang berisi kode kode perintah yang akan menjalankan secara otomatis proses download, ekstrak paket, dan instalasi sekaligus.  Jadi pada saat menjalankan script install.sh, MacOS harus dipastikan terhubung ke internet yang stabil, dan ikuti prosesnya.  untuk menjalankan install.sh, teman teman bisa melakukannya via Terminal dengan mengetikan : 
    ./install.sh kemudian enter  
  2. Installer dengan file Binaries bin.zip, sebenarnya ini merupakan kumpulan file paket  netbeans dalam folder  yang bisa langsung dijalankan, jadi tidak ada proses instalasi. dan file ini juga tersedia untuk versi Apache Netbeans 9 dan 10.
  3. Installer dengan  file .dmg, file ini merupakan file standar execute di Mac OS berupa image paket, seperti .exe di Windows. Teman-teman tinggal menjalankan langsung.
Untuk lebih jelasnya silahkan langsung lihat videonya, dan ikuti tahapannya sesuai cara yang teman-teman inginkan.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih

Lanjut Baca

Cara Memasang Tombol Navigasi Share Media Sosial Floating di Blog

Bagi anda yang memiliki blog, tentunya sangat mengharapkan artikel yang anda buat bisa bermanfaat bagi pengunjungnya, dan ada reaksi dari para pembaca untuk menshare atau membagikan artikel anda ke media sosial seperti facebook, google+, whatsapp, line dan lain-lain. Selain berpotensi mengundang banyak pengunjung lainnya, juga akan semakin banyak yang membaca artikel-artikel yang sudah anda tanyangkan, tanpa harus repot-repot menshare sendiri secara manual link artikel tersebut.

Tentunya hal tersebut karena dilakukan oleh pengunjung yang merasa artikel anda layak dibagikan. Hal ini akan menjadi lebih mudah bagi pengunjung untuk menshare jika anda menyediakan tombol navigasi khusus disetiap halaman blog untuk melakukan hal itu, tanpa repot harus copy link kemudian membuka sosial media, baru kemudian paste disana.
Biasanya template blog sudah menyediakan secara khusus, dibagian bawah atau atas halaman blog. Namun kadang tombol yang disediakan secara default posisinya tidak mengikuti layar, dimana pengunjung harus kembali scroll halaman blog ke atas atau kebawah untuk menemukan tombol tersebut. Tentunya akan lebih mudah jika tombol navigasi selalu tampil di layar monitor halaman blog, baik halaman versi desktop ataupun versi mobile, dan selalu mengikuti pergeseran halaman blog. Misalnya ditempatkan di kiri layar (versi desktop) atau di bawah layar (versi mobile), namun dinamis mengikuti pergerakan pembaca.

Selain itu, kita dapat mengatur Media Social apa saja yang utama ingin kita tampilkan di halaman. Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah fasilitas yang disediakan oleh www.sumo.com, fitur yang disediakan sangat banyak, diantaranya adalah tombol navigasi media sosial. Dan fitur sumo ini banyak digunakan oleh blogger profesional. Selain tampilannya sangat bagus, cara mengaktifkannya pun relatif mudah. Walaupun fitur pro berbayar, namun kita bisa memanfaatkan fasilitas gratisnya.
dradorid akan memberikan sedikit penjelasan langkah-langkahnya sebagai berikut :
#Satu
Buka web www.sumome.com, kemudian masukan alamat blog kita lalu klik try it
#Dua
Kita akan diminta untuk sign up, selain alamat blog, kita harus memasukan alamat email, dan membuat password baru untuk registrasi ke sumo.com
#Tiga
Dihalaman selanjutnya kita akan mendapatkan script kode yang harus kita copy.
#Empat
Buka dashboard blog kita, dan masuk ke settingan theme blog, lalu klik edit HTML
#Lima
Paste kode tersebut, tepat dibawah kode <head> , kemudian save.
#Enam
Buka alamat blog anda lalu masuk ke salah satu halaman artikel, jika berhasil memasang script kode, maka akan muncul tombol menu sumo di pojok kanan atas halaman blog. Kemudian klik setting, lalu anda akan melihat jendela baru muncul untuk mengaktifkan fitur sumo, lalu aktifkan menu Share.
# Tujuh
Anda bisa mengatur beberapa tombol media sosial yang ingin anda munculkan, dengan cara drag and drop dengan mouse dari jendela kiri dan kanan.lalu save

# Delapan
Silahkan lihat hasilnya di halaman artikel anda, jika sudah berhasil, maka tombol navigasi akan berada di kiri halaman blog (versi desktop), dan dibawah (untuk versi mobile)
# Sembilan
Anda bisa menyembunyikan tombol menu sumo/badge (Pojok kanan Atas), dengan masuk ke settingan sumo, lalu badge set ke mode hidden, dan save.
Silahkan lihat kembali hasilnya di halaman blog anda.

Demikian panduan cara Cara Memasang Tombol Navigasi Share Media Sosial Floating di Blog, silahkan kirimkan komentar jika ada hal yang ingin didiskusikan atau ditanyakan, jika bermanfaat silahkan share artikel ini, dan jangan lupa subscribe untuk melihat artikel-artikel dradroid berikutnya.

Untuk melihat Playlist Tutorial yang lainnya, bisa klik disini , Atau kunjungi DraSTVlog Channel di Youtube.

Terima kasih
Salam
Lanjut Baca

Sekilas Info Tentang VMware Workstation dan Cara Install VMware

Kali ini dradroid akan berbagi sekilas informasi tentang software virtualisasi di komputer, yaitu VMware Workstation. Sebenarnya ada banyak jenis VMware, tapi kali ini dradroid hanya fokus pada VMware Workstation.
VMware Workstation adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai virtualisasi mesin komputer. Sebagaimana VirtualBox yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, kedua software ini mampu menjalankan sistem operasi seperti linux, windows, server dan lain lain, secara virtual dan simultan pada satu mesin fisik komputer. Sederhananya dengan VMware Workstation anda bisa membuat konfigurasi komputer secara virtual dengan memanfaatkan source hardware dalam satu komputer fisik, kemudian memasang OS multi platform didalamnya, lalu menghubungkan keduanya (host dan guest) sebagai virtual network. 

Selain untuk membuat virtual mesin dengan os multi plaltform, software ini cocok untuk menguji sistem operasi baru, menjalankan aplikasi atau menguji efek sebuah virus, tanpa harus khawatir kehilangan data-data yang tersimpan pada komputer fisik. Bisa juga sebagai simulator jaringan atau hanya sekedar digunakan untuk browsing web site yang tidak anda percaya. Bahkan jika anda adalah developer aplikasi, maka VMware Workstation dapat digunakan untuk tujuan pengujian aplikasi pada OS multi platform, dengan hanya menggunakan satu komputer fisik.
Spesifikasi minimal komputer yang diperlukan untuk menginstall VMware Workstation adalah sbb :
64bit X86 Intel Core 2 Duo atau setara
Speed processor 1.3 Ghz
RAM 2 GB minimal / 4 GB direkomendasikan.
Spesifikasi komputer host, tergantung pada jumlah virtual mesin dan tipe OS yang akan di pasang. VMware ini dapat diinstall pada komputer Host (Windows/Linux) :
  1. Windows 7/8/10
  2. Windows Server 2008/2012
  3. Ubuntu 8.04 keatas
  4. RedHat Enterprise Linux 5 Keatas
  5. CentOS 5 keatas
  6. Oracle Linux 5 Keatas
  7. Open Suse 10.2 Keatas
Sedangkan Guest OS yang bisa diinstall di VMware diantaranya adalah :
  1. Windows XP/7/8/10
  2. Linux Ubuntu/RedHat/SUSE/Debian/Fedora/Open Suse/Mint/CentOS
  3. Oracle Linux
  4. dll
Berikut untuk cek kompabilitas Guest OS di VMware
VMware Workstation ini merupakan aplikasi yang berbayar, dan ada 2 pilihan
  1. VMware Workstation Player dan 
  2. VMware Workstation Pro, dengan beberapa kelebihan seperti dapat menjalankan multi Virtual Mesin sekaligus, Enkripsi Virtual Mesin, Snapshot, Share Virtual Mesin untuk digunakan sebagai Server, dan lain-lain
Anda bisa menggunakan VMware Workstation Player secara gratis, asal digunakan untuk keperluan personal, dan non komersial.
Pada saat artikel ini dibuat, versi VMware Workstation Player yang bisa didownload dan diinstall di linux 64Bit atau windows 64Bit adalah VMware Versi 12.5.6. Fitur standar seperti share Network adapter, Hardsik, USB device, Optical drive antara host dan guest, dapat dilakukan dengan mudah. 
Bagi anda yang ingin menginstal software ini, berikut video panduan cara Instalasi VMware 12.5 di Windows 10.

Untuk melihat Playlist Tutorial yang lainnya, bisa klik disini , Atau kunjungi DraSTVlog Channel di Youtube.
Demikian panduan cara menginstal  VMware Workstation Player di Windows 10, silahkan kirimkan komentar jika ada hal yang ingin didiskusikan atau ditanyakan, jika bermanfaat silahkan share artikel ini, dan jangan lupa subscribe untuk melihat artikel-artikel dradroid berikutnya.

Terima kasih
Salam
Lanjut Baca

Cara Install Mac OS di Windows 10 Menggunakan VirtualBox


Kali ini dradroid akan memberikan panduan cara menginstal Mac OS 10.12 Sierra di Windows 10 menggunakan Aplikasi VirtualBox 5.1. Di artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai Cara Install Linux Ubuntu.
Bagi anda yang belum tahu apa itu VirtualBox, bisa membaca informasinya di Artikel berikut ini:
Sedangkan bagaimana menginstal VirtualBox di Windows, anda bisa melihat artikel yang lainnya berikut ini :
Berbeda dengan linux Ubuntu yang memang open source dan free, kita bisa mendapatkan dengan mudah source installer atau ISO image bootable yang bisa kita download dari web resminya. Untuk MacOS tentunya tidak demikian, karena bukan open source dan tidak free, juga tidak sembarangan bisa diinstall di laptop/pc yang memang bukan diperuntukan untuk MacOS. Jadi kita perlu download Image Virtual Disk yang sudah disediakan oleh tim developer OS dan berbaik hati menguploadnya ke internet. Salah satunya dradroid download Image Virtual Disk MacOS 10.12 Sierra dari web TechsViewer.com.
Filenya memang cukup besar dibanding dengan ISO linux, dan berbentuk Rar, yang tentunya perlu diekstrak terlebih dahulu menggunakan winrar atau 7zip, sebelum menggunakannya.
Setelah mendownload Image Virtual Disk MacOS, hal berikutnya adalah membuat virtual mesin baru di VirtualBox dan melakukan konfigurasi hardware seperti biasa yang diperuntukan untuk MacOS.
Beberapa hal yang perlu kita setting ketika virtual mesin dibuat, diantaranya adalah
1. Nama Virtual Mesin (perlu diingat, nama yg anda buat akan digunakan pada konfigurasi lanjutan sebelum menginstall)

2. Setingan RAM sekitar 4GB akan digunakan untuk alokasi MacOS, jadi ketika anda memiliki kapasitas RAM Real 4GB, tentunya alokasi yg dibuat hanya bisa 50:50 tidak bisa 100% untuk Virtual Mesin, hal ini akan berefek pada performa virtual mesin ketika menjalankan MacOS.

3. Mengarahkan Disk drive Virtual Mesin ke Image Virtual Disk yang sudah kita download.
4. Uncecklist Floopy disk pada menu Storage

5. Set CPU menjadi 2, pada tab menu Processor.

6. Set Display pada nilai Maksimal yaitu 128MB.

Berikut Video Panduan Cara Install MacOS 10.12 Sierra di Windows 10 Menggunakan VirtualBox Versi 5 secara visual.

Sedikit penjelasan sebelum anda menjalankan Virtual Mesin, anda perlu eksekusi kode dibawah ini dengan menggunakan Command Prompt atau CMD bawaan windows, dan jalankan sebagai Administrator. Pastikan tutup terlebih dahulu VirtualBox sebelum melakukannya, agar kode berhasil di eksekusi dengan benar.
Pastikan deretan kode dibawah ini telah disesuaikan dengan nama virtual mesin yang sudah anda buat sebelumnya, jika tidak maka akan error, dan eksekusi kode akan gagal.
Berikut beberapa kode yang akan dijalankan di Command Prompt Windows (CMD), dan kode dibawah ini berlaku untuk VirtualBox Versi 5. Jika anda menggunakan Versi sebelumnya, silahkan googling kode yang cocok dengan Versi VirtualBox.
cd "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\"
VBoxManage.exe modifyvm "VirtualMac" --cpuidset 00000001 000106e5 00100800 0098e3fd bfebfbff
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal/Devices/efi/0/Config/DmiSystemProduct" "iMac11,3"
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal/Devices/efi/0/Config/DmiSystemVersion" "1.0"
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal/Devices/efi/0/Config/DmiBoardProduct" "Iloveapple"
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal/Devices/smc/0/Config/DeviceKey" "ourhardworkbythesewordsguardedpleasedontsteal(c)AppleComputerInc"
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal/Devices/smc/0/Config/GetKeyFromRealSMC" 1
Note : Ganti VirtualMac dengan Nama Virtual Mesin yang anda buat
Jika sudah dieksekusi dengan benar, dan tidak mendapatkan error, silahkan buka kembali VirtualBox dan jalankan Virtual Mesin yang anda buat, dengan mengKlik tombol Start. Selanjutnya Virtual Mesin akan Booting dan Loading Image Virtual Disk MacOS, lalu ikuti tahapannya. Selama Setup, ada beberapa konfigurasi yang harus anda lakukan, seperti profile login, zona waktu, layout keyboard, dan settingan standard instalasi MacOS.

Dradroid telah menyediakan Tutorial Videonya diatas, jadi tidak akan menggunakan gambar capture sebagai panduan step by step
Setelah selesai Setup dan berhasil masuk ke tampilan Desktop MacOS Sierra, Hal selanjutnya adalah mengkonfigurasi Settingan Layar, karena anda akan melihat Layar MacOS tidak full secara otomatis. Untuk melakukan settingan tersebut, anda harus melakukan ShutDown MacOS terlebih dahulu, dan keluar dari VirtualBox, kemudian anda harus mengeksekusi beberapa kode dibawah ini menggunakan Command Prompt bawaan Windows (CMD) seperti yang anda lakukan pada saat sebelum anda menjalankan Virtual Mesin.

Adapun kode yang dimaksud adalah seperti yang dibawah ini, anda tinggal melakukan copy paste dan eksekusi di CMD. Sekali lagi anda perlu menyesuaikan deretan Kode dibawah ini dengan mengganti nama Virtual Mesin sesuai dengan yang anda buat. Selain itu anda perlu mengganti Nilai N di kode dengan salah satu angka1-5 yang mewakili ukuran Layar yang anda inginkan. Referensi dradroid adalah dari web How-to Geek, dan memilih Angka 5 untuk ikuran full Screen di laptop Dradroid.
Berikut Kode untuk merubah Resolusi Layar
 cd "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\"
VBoxManage setextradata "VirtualMac" "VBoxInternal2/EfiGopMode" N
Note : Ganti VirtualMac dengan Nama Virtual Mesin Anda, dan Ganti N dengan Angka 5 Agar resolusi layar 1920x1200 (terserah anda jika ingin pilih yang lain)

Jika sudah silahkan buka kembali VirtualBox dan Jalankan Virtual Mesin MacOS anda. Jika berhasil maka saat ini ukuran layar sudah full screen seperti Gambar Pertama diatas, dan masuk kembali ke tampilan Desktop MacOS 10.12 Sierra. Dengan demikian anda sudah berhasil menginstal MacOS di VirtualBox, saatnya anda merasakan pengalaman baru di lingkungan MacOS. Selamat Berekplorasi!!

Mungkin anda bertanya-tanya, buat apa menginstal Mac OS atau linux di Windows?, sedangkan kita sudah punya windows di laptop yang pada dasarnya sama saja.Buat apa susah payah install OS selain windows? sedangkan anda lebih familiar dengan windows. Pertanyaan tersebut memang tidak salah, dan faktanya bagi banyak orang sistem operasi memang tidak menjadi perhatian, dan sudah cukup nyaman dengan fitur dan performa yang diberikan oleh OS Windows untuk mendukung aktifitas sehari-hari, terlebih Windows sudah disediakan dan terintegrasi pada banyak laptop baru yang dibeli. Jadi kebanyakan user hanya tinggal memakai yang sudah ada dan sudah dikenal umum.

Berbeda dengan sebagian lainnya yang suka dengan otak atik atau sebagai programer dan developer aplikasi yang membutuhkan pengetesan pada OS lintas platform. Tentunya hal ini menjadi pilihan sederhana ketimbang harus menyediakan beberapa laptop/pc baru untuk menggunakan linux, Mac OS atau ujicoba sebuah aplikasi pada server. Atau diantara anda sekalian memiliki rasa penasaran seperti apa pengalaman menggunakan MacOS yang katanya ekslusif dan memiliki gengsi tersendiri. Sebelum benar-benar migrasi atau pindah ke lingkungan OS selain windows, tentu tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu. Untuk sekedar membiasakan atau mengenal lebih dekat. Walaupun ada beberapa fitur serta performa yang mungkin tidak berjalan atau tidak senyaman seperti pada OS aslinya, namun setidaknya bisa merasakan GUI yang ada di MacOS, dan tentunya berbeda dengan Windows. Jadi tidak salah juga anda mencobanya sekarang.

Demikian panduan cara menginstal  MacOS 10.12 Sierra dengan VirtualBox 5.1 di Windows 10, silahkan kirimkan komentar jika ada hal yang ingin didiskusikan atau ditanyakan, jika bermanfaat silahkan share artikel ini, dan jangan lupa subscribe untuk melihat artikel-artikel dradroid berikutnya.
anda juga dapat mengunjungi Channel Youtube dradroid yaitu DraSTVlog Channel

Terima kasih
Salam


Lanjut Baca